oleh

Hebat kalau Nyata! Plh Walikota Siantar Perintahkan OPD Hentikan Korupsi

Pematangsiantar, BatakToday

Pelaksana Harian (Plh) Walikota, Hefriansyah, SE, MM, memerintahkan agar seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar untuk menghentikan segala bentuk praktek korupsi. Penegasan ini disampaikan dalam rangka menindaklanjuti program Presiden, Ir. Joko Widodo melalui surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor. 335/288/SJ/ tanggal 21 Juni 2017, perihal Penghentian Praktek Korupsi di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Berdasarkan surat Mendagri tersebut, Walikota Pematangsiantar menerbitkan Surat Nomor. 335/5007/VII/ tanggal  25 Juli 2017 tentang Penghentian Praktek Korupsi di Lingkungan Pemko Pematangsiantar. Agar seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Harian Lepas (THL) mengetahui dan melaksanakannya, surat ini langsung didistribusikan ke seluruh OPD di lingkungan Pemko Pematangsiantar.

Ada empat poin yang menjadi instruksi dalam surat tersebut, yang intinya meminta agar setiap Pimpinan OPD mengambil langkah berikut.

Pertama, mengambil langkah konkret dalam upaya menghentikan praktek korupsi. Kedua, memahami dan melaksanakan tugas fungsi anggaran dan pengawasan secara baik sebagaimana amanat Pasal 96 dan pasal 149 UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Kemudian, ketiga menerapkan proses perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik (e-planning/e-budgeting) sehingga menjadi transparan di masyarakat. Dan yang keempat, instruksi secara khusus diberikan kepada  Kepala Inspektorat untuk mengawal pelaksanaan perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik.

Dengan terbitnya surat ini, OPD diharapkan memberikan pelayanan yang lebih cepat, tepat, efisien dan transfaran kepada masyarakat, dalam rangka melanjutkan pembangunan Kota Pematangsiantar yang Mantap, Maju dan Jaya. (rel/ajvg)

News Feed