oleh

Hefriansyah: “Jalin Kebersamaan dan Pedomani Podah Raja Sang Naualuh”

Pematangsiantar, BatakToday

Hari pertama bertugas, Wakil Walikota Pematangsiantar, Hefriansyah,SE,MM langsung memimpin Apel Gabungan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lapangan Adam Malik, Kamis pagi (23/2). Mengenakan stelan batik corak merah khas Pemko Pematangsiantar, Hefriansyah meminta agar seluruh ASN memperbaiki pola kerja, meningkatkan loyalitas, dedikasi, inovasi, integritas, serta profesionalisme sehingga masyarakat mendapatkan layanan maksimal.

“Masyarakat kota Pematangsiantar, sudah menantikan gerak cepat kita untuk melayani mereka,” katanya.

Di sela-sela sambutannya, Hefriansyah mengingatkan peserta apel, tentang almarhum Hulman Sitorus, SE.

“Seharusnya pagi hari ini, pak Hulman Sitorus yang berdiri memimpin apel perdana ini. Tetapi karena Tuhan lebih sayang kepada beliau, sehingga lebih dulu memanggil beliau ke sisi-Nya. Saya tadi malam sepulang dari Medan, langsung berziarah ke makam beliau, sebagai ungkapan rasa hormat dan mengenang kebaikan beliau,”ujarnya.

Selain memperkenalkan diri dan keluarganya, Wakil Walikota yang segera akan diberi tugas menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Walikota ini juga mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelenggara Pilkada, Polisi/TNI, serta seluruh pihak-pihak yang terkait.

“Saya mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya Pilkada di Kota Pematangsiantar dengan baik, aman dan lancar,” tandasnya.

Guna mewujudkan good governance serta disiplin kerja, ASN diingatkan untuk mempedomani 8 Podah (Pesan) Raja Siantar, Sang Naualuh Damanik. Pesan tersebut antara lain: parholong (pengasih), parhorja (pelayan), pintor maruhur (jujur), pakkar (berani), iparnagodangkon (bertanggungjawab), hot paruhuran (teguh pendirian), marsipatunggungan (saling menghormati) dan patorsahon horja (membangun).

“Pesan leluhur pendiri Kerajaan Siantar ini harus bisa kita pegang teguh sebagai landasan dan motivasi kita bekerja,”ungkapnya.

Menyinggung tentang PP 18/2016 tentang Perangkat Daerah, akan segera dikonsultasikan kepada Gubernur Sumatera Utara dan Kementerian Dalam Negeri. Hal ini mengingat, statusnya selaku Wakil Walikota sekaligus nantinya Plt Walikota, mengharuskan adanya konsultasi kepada pemerintah atasan.

“Sepengetahuan saya, pejabat yang sedang menduduki jabatannya sebelum PP 18 diberlakukan, akan dikukuhkan pada jabatan yang sama. Untuk yang bergabung tentu akan ada solusinya. Karena itu, bapak ibu tak perlu khawatir, kita akan cari jalan keluarnya agar semuanya merasa nyaman dan dapat bekerja lebih baik lagi,”katanya.

Pada bagian lain, seluruh ASN serta elemen masyarakat Kota Pematangsiantar diharapkan bisa bersatu padu dalam membangun kebersamaan, menuju Pematangsiantar yang Mantap, Maju dan Jaya, tanpa melihat latar belakang suku, agama, ras dan golongan.

“Mari kita bangun kebersamaan, apa yang kurang di masa lalu mari kita perbaiki dan sudah baik mari kita tingkatkan,” katanya.

Usai sambutan, ASN yang hadir dipersilahkan memberikan ucapan selamat dengan menyalami langsung Wakil Walikota. (rel/ajvg)

News Feed