IWO Diminta Terdepan Memberantas Berita Hoax

IWO Diminta Terdepan Memberantas Berita Hoax

65
Dialog dalam Musyawarah Bersama Ikatan Wartawan Online (IWO), Hotel Puri Mega, Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, Jumat 8/9/2017 (Foto: Elisbet Purba)

Jakarta, BatakToday

Dipandu Jodi Yudono selaku Ketua umum IWO, Dialog Musyawarah Bersama Ikatan Wartawan Online ke-1 berjalan dengan hangat. Mubes ini mengambil tempat di
Hotel Mega Puri, Jalan Pramuka, Jakarta Pusat, Jumat (8/9) Jam 15.00 Wib. Berbagai buah pemikiran sebagai masukan untuk IWO mengalir dengan lancar mulai dari Sabang sampai Merauke.

Arqam Azikin selaku Ketua Dewan Etik Sulawesi Selatan, menyampaikan bahwa pertemuan anak bangsa yang berlangsung 2 hari ini bagaikan sebuah sejarah baru.

“Sama seperti bagaimana pada tanggal 28 Oktober, lahirnya Sumpah Pemuda” sebutnya.

Lebih lanjut dijelaskan mantan Ketua Presidium Mahasiswa ini, bahwa mulai dari Sabang sampai Merauke hampir 100% diisi oleh anak-anak muda yang siap menjadi garda terdepan menjaga keutuhan bangsa.

Di tempat yang sama, budayawan Mohammad Sobary, menyampaikan, di tengah pertumbuhan digital yang begitu kencang, penodaan terhadap peradaban nyaris tak pernah berhenti.

“Apalagi pada era bersamaan, dimana digital telah menjadi medan menyebar fitnah dan bohong alias hoax” ujarnya.

Hoax, dinilai telah merendahkan peradaban sehingga menumbuhkan rasa kebencian yang tak terkira. Sehingga penting kiranya Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) dan Kepolisian RI membahas persoalan tersebut.

Dirinya berharap, Organisasi IWO yang banyak diisi oleh orang-orang muda menjadi barisan terdepan untuk memberantas Hoax yang dapat memberangus keberadaban bangsa Indonesia. (rel)