oleh

Jak Tv Siarkan Debat Publik Calon Bupati-Wakil Bupati Tobasa

Toba Samosir, BatakToday-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba Samosir akan menggelar debat publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir pada 14 November 2015 mulai pukul 09.00 wib di Museum TB Silalahi Center Jalan Pagar Batu Kecamatan Balige. Untuk menjangkau masyarakat Toba Samosir secara luas, debat akan ditayangkan Jak Tv dengan siaran tunda.

Komisioner KPU Tobasa Bidang Sosialisasi Data dan Informasi, Batara Tambunan menjelaskan, pelaksanaan debat publik Calon Bupati dan Wakil Bupati sesuai dengan agenda KPU Tobasa  dilaksanakan sekali tayang. “Debat publik ini  dapat disaksikan oleh masyarakat melalui siaran tunda di Jak Tv, dua hari setelah pelaksanaan,” ujar Batara kepada BatakToday di ruangannya, Rabu (4/11).

Dikatakannya, selain pasangan calon, pihak-pihak yang diundang pada debat publik adalah partai pendukung dan pengusung calon, tim kampanye pasangan calon, unsure Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tobasa, Panwaslih, SKPD terkait, tokoh masyarakat, insan pers, dan satuan pengaman Polres Tobasa. “Total undangan 400 orang,” kata Batara Tambunan.

Batara Tambunan mengatakan, debat publik adalah salah satu rangkaian kegiatan tahapan kampanye calon bupati dan wakil bupati Tobasa, dimana ketiga pasangan calon pada forum yang sama menyampaikan visi, misi dan program masing-masing, dilanjutkan dengan debat antar kandidat dan pendalaman dari panelis.

“Debat publik ini akan dipandu dua orang panelis dari akademisi perguruan tinggi,” ujar Batara Tambunan.

Mantan Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan Balige ini menambahkan, debat publik dibagi dalam tiga segmen, yakni penyampaian visi dan misi, tanya jawab antara calon, dan pada segmen ketiga, para kandidat akan menjawab pertanyaan yang diajukan panelis. “Waktu yang diberikan pada ketiga sesi tersebut adalah satu jam,” sebut Batara.

Batara Tambunan mengatakan, pihaknya berharap melalui, melalui debat publik ini, masyarakat Kabupaten Toba Samosir mengetahui dan memahami visi dan misi masing-masing pasangan calon bupati dan wakil bupati, sehingga masyarakat dapat menentukan pilihannya dengan cerdas dan bijak.

“Kita berharap seluruh proses pilkada, termasuk pelaksanaan debat publik ini bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar,” ujar Batara Tambunan. (AP)

Keterangan Foto: ilustrasi

News Feed