oleh

Jalan Provinsi Amblas, Pemkab Pakpak Bharat Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Salak, BatakToday –

Curah hujan ekstrim akhir-akhir ini kembali menimbulkan bencana di ruas jalan provinsi di Kabupaten pakpak Bharat. Kali ini badan jalan di Desa Kuta Saga mengalami amblas, Selasa (06/12/2016) pagi. Dikuatirkan longsoran akan terus bertambah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat memutuskan untuk menutup jalan karena riskan untuk dilalui kendaraan, serta melakukan rekayasa lalu lintas agar aktivitas lalu lintas tetap dapat berjalan.

Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu, yang telah tiba di lokasi tidak lama setelah kejadian, langsung memimpin rapat darurat di Kantor Camat Kerajaan, dihadiri Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Parlaungan Lumbantoruan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sartono Padang, Camat, jajaran Dinas Perhubungan, serta pihak Polres Pakpak Bharat.

Dalam rapat tersebut diputuskan menutup sementara ruas jalan dari arah Salak mulai Rabu (7/12/2016). Bagi pengguna jalan provinsi dari arah Salak menuju Sukaramai akan dialihkan ke jalan Kabupaten di Kecamatan Tinada melewati Kuta Delleng, Natam dan keluar di Sibande.

Selanjutnya jalan akan ditutup total pada hari Kamis, (8/12/2016) sampai batas waktu yang belum ditentukan sampai perbaikan rampung. Untuk pengguna jalan dari arah Sukaramai menuju Salak, akan dialihkan melalui jalan pedesaan Kuta Saga melalui belakang Pekan Sukaramai melewati persimpangan GKPPD Sukaramai dan terus melewati jalan desa sampai keluar ke jembatan Desa Kuta Saga, sebelum persimpangan SMA Negeri 1 Kerajaan.

Rambu-rambu akan disiapkan oleh pihak Dinas Perhubungan dan jajaran Polres Pakpak Bharat juga akan membantu mengarahkan para pengendara.

“Tetap berhati-hati bagi para pengguna dan semua pihak agar lebih concern serta peduli terhadap perkembangan kondisi yang terjadi,” himbau Bupati Remigo.

Bupati juga meminta pendirian Posko Siaga Bencana pada lokasi-lokasi yang dianggap rawan dengan melibatkan beberapa stake holder seperti PLN dan Dinas Kesehatan.

Hingga berita ini, rapat lanjutan di Ruang Rapat Bupati masih berlanjut dengan melibatkan berbagai pihak terkait, diantaranya Polres Pakpak Bharat.

Untuk diketahui, pada Senin (21/11/2016) lalu juga telah terjadi longsor di 6 titik ruas jalan provinsi yang melintasi Kabupaten Pakpak Bharat. Hujan deras yang mengguyur sejak hari Jumat (18/11/2016) malam diperkirakan menjadi penyebab terjadinya longsor tersebut.

(baca: https://bataktoday.com/hujan-berkepanjangan-jalan-provinsi-salak-sidikalang-longsor-6-titik).  (BKK/rel)

News Feed