oleh

Janu Lubis: Pilkada Sukses adalah Prestasi Masyarakat Binjai

Binjai, BatakToday-

Suksesnya pelaksanaan Pemilihan Kepala daerah (pilkada) Kota Binjai tahun 2015 dengan partisipasi pemilih diatas 60 persen dan berlangsung dengan aman dan damai, terutama berkat kedewasaan dan kerjasama yang baik dari masyarakat Binjai. Dugaan berbagai pihak bahwa Pilkada Binjai sangat rentan konflik akhirnya dapat ditepis, bahkan penetapan wali kota dan wakil wali kota terpilih dapat segera dilakukan oleh KPU Kota Binjai, karena tidak ada gugatan sengketa pilkada dari para kandidat yang kalah.

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas Kota Binjai, Janu A Lubis pada sambutan pembukaan seminar “Komunikasi Politik Terhadap Berbagai Elemen Masyarakat Kota Binjai” di aula Kementerian Agama Binjai, Senin (28/12).

“Masyarakat Binjai karena kerjasama dan kedewasaan berpolitiknya, Kota Binjai berhasil dengan sukses melaksanakan tahapan demi tahapan Pilkada Langsung 9 Desember 2015, sampai dengan penetapan hasil perolehan suara oleh KPUD kemarin, dengan aman dan tingkat partisipasi pemilih diatas 60 persen,” terangnya.

Janu juga memberikan apresiasi kepada aparat penegak hukum yang proaktif menjaga kemanan tetap kondusif.

“Ini adalah suatu prestasi bagi masyarakat kota Binjai, karena sebagaimana yang kita ketahui bersama dari beberapa berita surat kabar dan info yang berkembang, bahwa Pilkada Kota Binjai diprediksi oleh banyak pihak akan terjadi konflik. Tetapi nyatanya apa yang ditakutkan tersebut tidak terjadi. Harapan kami, keperdulian masyarakat Binjai terhadap politik kedepannya bisa lebih baik,” ujar Janu.

Sementara, narasumber M Yusuf SH, MH, dosen STAIS Al-Ishlahiyah Binjai yang membawakan makalah “Fungsi Komunikasi Politik Menciptakan Harmoni di Tengah-Tengah Masyarakat” mengatakan, komunikasi politik sangat berperan penting dalam membentuk sudut pandang masyarakat terhadap keadaan politik itu sendiri. Jika Komunikasi Politik itu mengarah kepada hal positif maka masyarakat akan lebih cendrung berpolitik dengan baik, begitu juga sebaliknya.

Janu Lubis yang juga tampil menjadi narasumber dengan makalah “Peran Pemerintah Dalam Mengelola Komunikasi Politik di Tengah-Tengah Masyarakat”, menekankan agar seluruh lapisan masyarakat  dapat proaktif dan mau melibatkan diri untuk melakukan komunikasi politik cerdas ditengah-tengah masyarakat, agar terbentuk keperdulian dan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan yang berhubungan dengan politik itu sendiri, seperti pilpres, pilkada, dan pileg.

Seminar sehari itu diikuti oleh aktivis beberapa parpai politik, LSM, Ormas, kalangan mahasiswa, dan tokoh masyarakat Kota Binjai. (lud)

Foto: Janu A Lubis memberikan kata sambutan pada seminar sehari dengan tajuk “Komunikasi Politik Terhadap Berbagai Elemen Masyarakat Kota Binjai” di aula Kementerian Agama Binjai, Senin (28/12). (bataktoday/lud)

News Feed