oleh

Jayapura Tanam 2.000 Pohon di Lahan Tandus

Jayapura – Pemerintah Kota Jayapura menanam lebih dari 2.000 bibit dari berbagai jenis pohon di lahan tandus di sekitar perbukitan Pasir II Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, Jayapura, Papua.

Wali Kota Jayapura Benhur Tommy Mano di Jayapura, Sabtu (14/2), mengemukakan penanaman ribuan bibit pohon itu telah dilakukan pada Jumat (13/2).

Menurut Benhur, kegiatan penataan lingkungan sudah menjadi program kerjanya sejak dilantik sebagai Wali Kota dan hal itu akan terus didorong.

Belakangan ini masyarakat banyak mengeluhkan adanya penebangan liar di sejumlah titik oleh oknum tak bertanggung jawab, untuk itu penanaman pohon akan terus dilakukan demi menjaga lestarian lingkungan, ujarnya.

“Selaku Wali Kota, saya tidak akan tinggal diam sebab masyarakat sudah berteriak tentang masalah penebangan liar, jika penebangan terus dilakukan maka akan berimbas banjir karena beberapa lahan di Jayapura sudah gundul,” katanya.

Ia mengatakan kini pihaknya berupaya menata lahan tandus, yakni dengan cara penanaman pohon di beberapa titik lahan kritis dan rawan longsor.

Benhur yang pernah menjabat Kepala Distrik Abepura itu mengaku program penanaman pohon yang dilakukan mendapat dukungan dari lembaga kewanitaan, TNI/Polri dan LSM serta masyarakat.

“Peran mereka sangat diharapkan untuk ikut merawat dan melestarikannya,” ujarnya.

Meski pihaknya sudah menanam sejumlah pohon, katanya, pemerintah kota akan terus berupaya memprogramkan penanaman pohon di lahan tandus agar Jayapura hijau dan penuh pepohonan.

“Jajaran pemerintah kota tidak akan berhenti untuk terus membawa kota ini kembali seperti sejak awal masih dipenuhi pepohonan,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Jayapura itu menambahkan bahwa banyak orang di Jayapura yang tidak peduli dengan lingkungan, mereka cenderung hanya mencari keuntungan.

Penulis: /FEB

Sumber:Antara

News Feed