oleh

Jelang Natal, Pemko Medan Buka 53 Titik Pasar Murah

Medan, BatakToday –

Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin secara resmi membuka 53 titik pasar murah di Lapangan Helvetia, Kamis (1/12/2016). Pasar murah tersebut digelar untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat kurang mampu dalam menyambut Hari Natal 2016 dan tahun baru 2017.

Walikota Eldin mengungkapkan, pelaksanaan pasar murah merupakan salah satu upaya Pemko Medan dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta menjaga stabilitas harga 9 bahan kebutuhan pokok sehingga terjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat.

“Saya ingatkan panitia penyelenggara dan pihak terkait, khususnya camat, lurah serta kepala lingkungan, agar benar-benar berperan aktif dalam mengawasi dan mensuskeskan pelaksanaan pasar murah tersebut. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan pasar murah ini tepat sasaran dengan harga yang telah ditentukan,” kata Walikota.

Eldin menegaskan, pasar murah digelar untuk meringankan beban warga yang tingkat ekonominya menengah ke bawah, terutama dalam memenuhi bahan pokok yang berkualitas guna menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2017.

“Masyarakat Kota Medan khususnya warga kurang mampu yang menyambut Natal dan Tahun baru agar dapat memanfaatkan pasar murah ini dengan sebaik-baiknya, ini merupakan bentuk dan komitmen Pemko Medan dan menjadi Program Medan Rumah Kita,” ucap Walikota.

Walikota Eldin menjelaskan, selain subsidi dari Pemko Medan, pelaksanaan pasar murah didukung oleh Bulog serta distributor maupun produsen bahan pokok.

“Saya berharap agar keberadaan pasar murah ini mampu menekan tingkat inflasi di Kota Medan. sebab salah satu fungsi dan tugas Pemerintah adalah menjaga stabilitas harga terutama 9 kebutuhan bahan pokok masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Iswanda Nanda Ramli mengpresiasi pelaksanaan pasar murah yang dinilainya sangat membantu umat Kristiani, terutama yang kurang mampu dalam menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2017. Selain itu, Iswanda menilai kehadiran pasar murah mengandung pesan kebersamaan.

“Saya berharap pasar murah seperti terus dilaksanakan rutin setiap tahunnya,” katanya.

Sebelumnya Plt Kadisperindag Kota Medan, Mussadad melaporkan, pasar murah dibuka di 53 titik yang tersebar di 21 kecamatan Kota Medan. Lokasi pasar murah pada umumnya berada di permukiman yang dihuni mayoritas Umat Kristiani.

Pasar murah 8 jenis kebutuhan bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasar, yaitu beras, gula, tepung terigu, telur, mentega, kacang tanah, minyak goreng serta sirup.

Daftar harga dan perbandingan dengan harga pasar sebagai berikut:

  • Beras, harga pasar Rp 10.300/kg, harga pasar murah Rp 8.800/kg
  • Gula Pasir, harga pasar Rp 14.000/kg, harga pasar murah Rp 10.175/kg
  • Tepung Terigu, harga pasar Rp 8.500/kg, harga pasar murah Rp 6.000/kg
  • Telur, harga pasar Rp 1.400/butir, harga pasar murah Rp 1.000/butir
  • Minyak Goreng merk Sania, harga pasar Rp 14,000/ltr, harga pasar murah Rp 12.000/ltr
  • Minyak Goreng merk Fortune, harga pasar Rp 13,000/ltr, harga pasar murah Rp 11.300/ltr
  • Sirup Pohon Pinang Super, harga pasar Rp 23.000/botol, harga pasar murah Rp 17.400/botol
  • Sirup Kurnia, harga pasar Rp 16.000/botol, harga pasar murah Rp 14.235/botol.

Pasar murah berlangsung selama 10 hari, mulai 1 s/d 10 Desember 2016. (Swan/rel)

News Feed