oleh

Jumsadi: Tugu Sangnawaluh Dibangun Tahun Ini

Pematangsiantar, Bataktoday

Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pematangsiantar Ke-145, Pemerintah Kota Pematangsiantar bersama dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Siantar, melakukan ziarah ke makam-makam Raja Siantar di Pamatang, Senin (25/4).

Usai melakukan ziarah Pemko Siantar bersama unsur Forkopimda melakukan pertemuan silaturahmi dengan Keluarga Besar Ihutan Bolon Damanik dengan menjalankan adat Simalungun.

Dalam kata sambutannya ahli waris Kerajaan Siantar Ny. Marsekal Syah Alam, Hj Halimah Sinaga (istri dari cucu Raja Sangnawaluh Damanik) meminta Pemko Siantar untuk segera membangun tugu Sangnawaluh Damanik.

“Kita sudah lama menanti janji pemerintah kota yang ingin membangun Tugu Sangnawaluh. Jadi dalam rangka memperingati hari jadi ulang tahun kota Pematangsiantar yang ke 145 dimana pemerintah kota Siantar sekarang datang berziarah kesini, kami dari Keluarga Besar Ihutan Bolon Damanik sangat berharap agar pemerintah kota menunjukkan keseriusannya untuk segera membangun tugu Sangnawaluh,” ucap Hj. Halimah Sinaga.

Selain pembangunan tugu, keluarga besar ihutan bolon juga meminta pemerintah kota Siantar dan DPRD agar segera mengusulkan Sangnawaluh sebagai pahlawan nasional.

Menanggapi hal tersebut, ketua DPRD Siantar, Eliakim Simanjuntak sangat mendukung pembangunan Tugu Sangnawaluh.

“Kami dari DPRD Siantar sangat mendukung pembangunan Tugu Sangnawaluh di kota Siantar. DPRD akan mengawal alokasi anggaran tersebut pada pembahasan RAPBD-P tahun 2016, karena sebelumnya perencanaan pembangunan ini sempat terkendala.  Saya juga meminta agar pengurus yayasan ihutan bolon segera dibentuk, karena selama ini kami melihat banyak pihak-pihak yang mengaku sebagai keluarga Raja Siantar,” terangnya.

Sementara Pj Walikota Siantar Jumsadi Damanik dalam sambutannya menegaskan Tugu Sangnawaluh akan dibangun tahun ini juga.

“Saya sarankan jika Tugu Sangnawaluh dibangun, lokasinya berada di lapangan Adam Malik,  sehingga untuk mempercepat proses pembangunan saya mintakan kepada keluarga besar ihutan bolon agar segera membentuk panitia pembangunan,” ucapnya.

Mantan kepala Bappeda Simalungun ini juga menyarankan agar anggaran yang digunakan untuk pembangunan tugu Sangnawaluh berasal dari APBD.

“Untuk tahun ini,  dana pembangunan tugu Sangnawaluh akan diupayakan dari RAPBD sebesar 3 Miliar. Saya juga akan menyumbang untuk pembangunan tugu sebesar Rp. 100 juta untuk pembangunan tahap awal tugu ,” ungkapnya disambut tepuk tangan meriah para undangan. (EM)

 

Foto:

Ahli waris Kerajaan Siantar Ny. Marsekal Syah Alam, Hj Halimah Sinaga (istri dari cucu Raja Sangnawaluh Damanik), saat menyampaikan kata sambutan dalam acara silaturahmi dalam rangka HUT Siantar Ke 145 dengan Pemko Siantar, Pamatang, Pematangsiantar, Senin 25/4/2016 (em/bataktoday)

News Feed