oleh

Junimart Girsang: Hidupkan Kembali Pendidikan Moral Pancasila

Pematang Siantar, BatakToday

MPR-RI melalui Badan Pengkajian saat ini sedang membahas posisi Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara dalam sistem dan praktik ketatanegaraan mutkahir. Ini langkah penting untuk mengidentifikasi sejauh mana sistem yang ada berpegang pada falsafah Pancasila. Untuk itu Badan Pengkajian diberi tugas melakukan kajian yang bertujuan untuk memperbaiki hal-hal yang perlu diperbaiki dalam konstitusi. Badan Pengkajian MPR-RI diharapkan mampu mengidentifikasi sejumlah permasalahan ketatanegaraan bersama dengan solusinya sesuai kebutuhan masyarakat dan perkembangan ketatanegaraan.

Demikian rangkuman penjelasan Junimart Girsang pada Seminar “Penyerapan Aspirasi Masyarakat” yang diselenggarakan di aula Fakultas Hukum Universitas Simalungun Pematang Siantar, Jumat (18/09).

“Untuk itu dalam melakukan berbagai kegiatan di setiap provinsi, MPR menyerap aspirasi dari rakyat untuk menjadi bahan untuk pada rapat-rapat mendatang di MPR,” ujarnya.

Pada seminar yang dihadiri ratusan dosen dan mahasiswa tersebut, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengungkapkan bahwa MPR mempunyai banyak topik kajian, diantaranya kajian tentang perlunya menghidupkan kembali Pendidikan Moral Pancasila dan P4 dalam kurikulum sekolah. Untuk itu Junimart mengajak mahasiswa dan akademisi untuk sumbang saran kepada MPR terkait amandemen.

Lebih lanjut pada seminar yang digelar atas kerjasama MPR-RI dengan Universitas Simalungun itu, Junimart dalam kapasitasnya sebagai anggota MPR-RI meyakini bahwa saat ini nilai Pancasila sebagai ideologi negara telah memudar akibat terjadinya banyak amandemen pasca Reformasi 1998. “Ada yang sudah lupa Pancasila dan tak merujuk Pancasila dalam berkehidupan. Bahkan tak jarang pejabat negara salah dalam menyanyikan lagu nasional,” ungkapnya.

Pada seminar tersebut Junimart juga menantang mahasiswa untuk menyanyikan lagu “Padamu Negeri” dengan urutan lirik yang benar untuk menguji kadar nasionalisme mahasiswa. (CS)

Keterangan Gambar:

Rektor Universitas Simalungun Prof DR Marihot Manullang MM menyerahkan cinderamata kepada Junimart Girsang pada Seminar “Penyerapan Aspirasi Masyarakat” yang diselenggarakan di aula Fakultas Hukum Universitas Simalungun Pematang Siantar, Jumat (18/09)

News Feed