oleh

Junimart Girsang: “Kemungkinan Perpanjangan Masa Jabatan Badrodin Tidak Memiliki Dasar Hukum”

Jakarta, BatakToday

Anggota Komisi III DPR RI Junimart Girsang menyebutkan bahwa belum ada informasi kepada DPR dan kepada Komisi III, siapa yang diajukan sebagai pengganti Kapolri Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun pada bulan Juni akhir nanti.

Hal ini disebutkannya untuk menjawab para wartawan yang mencegatnya seusai rapat antar Badan Legislasi dengan Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) dan Forum Diskusi Hakim Indonesia (FDHI), membahas RUU tentang Jabatan Hakim, di Gedung Nusantara I Gedung DPR/MPR RI, Senin (23/5) siang sekitar pukul 12.20 WIB.

Junimart juga menyebutkan bahwa PDI Perjuangan masih menunggu pengajuan yang diharapkan sesuai dengan hukum dan perundang-undangan.

“PDIP selalu bicara sesuai dengan undang-undang karena apa pun katanya, kita adalah negara hukum. Jadi segala sesuatunya menurut hukum. Kita tunggu bagaimana nanti Wanjakti menyampaikan kepada Kompolnas dan kepada Presiden,”

Ketika salah satu wartawan menyanyakan kemungkinan perpanjangan masa jabatan Kapolri, Junimart menyebut kemungkinan itu tidak memiliki dasar hukum.

 “Tentang perpanjangan masa jabatan, itu menjadi hak prerogatif Presiden, dalam arti kalau memang Undang-Undang memberikan peluang tentang perpanjangan, kenapa tidak. Tetapi yang saya baca, tidak ada undang-undang yang mensyaratkan atau memberikan peluang kepada Presiden untuk memperpanjang masa tugas Kapolri yang akan memasuki usia pensiun,” tegasnya.

Ditambahkannya lagi, bahwa jabatan Kapolri adalah jabatan politis.

“Yang ada itu perpanjangan masa tugas untuk anggota kepolisian yang masih diperlukan karena memiliki skill tertentu, misalnya ahli tentang bom, atau mengenai narkotika. Kalau jabatan Kapolri tidak, karena jabatan ini adalah jabatan politis,” tegas Junimart.

Disinggung tentang calon Kapolri yang didukung oleh PDI Perjuangan, Junimart ada menyebut nama Budi Gunawan.

“PDIP dari awal mendukung Budi Gunawan, bukan mengusulkan, karena menurut PDI Perjuangan, Budi Gunawan adalah orang yang pas menjabat Kapolri. Apalagi usia Budi Gunawan masih memungkinkan. Dari segi senioritas juga Budi Gunawan itu saat ini Wakapolri. Selama rapat kerja dengan Komisi III, kita melihat Budi Gunawan mampu,” ujar Junimart mengakhiri. (BA)

Foto:

Anggota Komisi III DPR RI, Junimart Girsang, saat diminta pendapatnya tentang calon pengganti Kapolri Badrodin Haiti yang akan memasuki masa pensiun, Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin 23/5/2016 (ba/bataktoday)

https://youtu.be/E1bb57k4G9U

News Feed