oleh

Junimart Girsang: “Mustahil Berantas Narkoba, Tanpa Perbaikan Mental dan Moral Penegak Hukum”

Pematangsiantar, BatakToday

Tanpa perbaikan mental dan moral penegak hukum mustahil program pemberantasan narkoba berhasil. Demikian disebutkan anggota Komisi III DPR RI DR Junimart Girsang saat berbicara di depan pers seusai Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Siantar Timur, Kota Pematangsiantar, Selasa (10/5) malam, sekitar pukul 23.00 WIB.

“Kita prihatin, tadi Kapolres Tebing mengatakan dari 500 lebih personil polisi di Tebing Tinggi, 37 positip pengguna narkoba. Di Dairi, dari 360 personil kepolisian, 80 positip narkoba,” ungkapnya.

“Jadi, bagaimana mungkin penegak hukum memberantas narkoba, sementara mereka sendiri perlu diperbaiki mental dan moralnya.,” demikian Junimart mengekspresikan keprihatinannya.

Junimart juga menyebutkan keterlibatan petugas negara sebagai pelaku kejahatan di Siantar Simalungun dan Tebing Tinggi, tanpa mengatakan nama institusi atau kesatuannya.

“Saya tadi dari Tebing Tinggi, mendapat informasi langsung dari Kapolres (Tebing Tinggi) sendiri, bahwa sebenarnya para pelaku kejahatan sekarang ini adalah para petugas negara. Petugas negara, tidak perlu saya sebut dari kesatuan mana. Merekalah sekarang para pelaku-pelaku kejahatan di daerah Tebing Tinggi, dan Siantar Simalungun ini. Mereka berkedok sebagai petugas negara, dan apabila mereka ditindak, maka kelompoknya akan datang dengan membawa senjata. Ini menjadi tugas kita semua, tugas pers untuk mengawal ini,” ujar Junimart.

Sebelumnya, Selasa (10/4) siang, Junimart melakukan inspeksi ke Polres Tebing Tinggi, sekaligus untuk mengawal proses hukum atas kasus Apin Lehu yang sebelumnya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk kasus narkoba terkait perkara Mister Ong yang telah diputuskan di Pengadilan Negeri Siantar.

Ketika ditanya kemungkinan untuk memfungsikan Junimart Center yang ada di Siantar untuk menginventarisasi masalah-masalah hukum dan memantau penegakan hukum di Siantar Simalungun, Junimart mengatakan yang utama adalah dari sisi penegak hukum.

“Saya kira begini, bagaimana pun caranya kita menyiapkan orang-orang, dimana pun, di tempat mana pun, sepanjang para penegak hukum tidak fokus, dan secara mentalitas mereka tidak siap, percuma kita berbuat itu,” jawabnya.

Kembali Junimart menyampaikan harapannya atas dukungan pers untuk mengambil bagian dalam upaya pemberantasan kejahatan, khususnya narkoba.

“Bagi saya sekarang yang terpenting, bagaimana pers bisa mengawal penegakan hukum di Siantar Simalungun. Bagaimana pers bisa secara aktif, secara pro aktif, tanpa rasa takut menerobos ke setiap kantor polisi. Melakukan investigasi terhadap proses, terhadap lidik, terhadap sidik, dalam perkara-perkara khususnya narkoba,” harapnya. (ajvg)

Foto:

Anggota Komisi III DPR RI, DR Junimart Girsang, saat member keterangan pers seusai Sosialisasi 4 Pilar MPR RI, di Kelurahan Merdeka, Kecamatan Siantar Timur, Pematangsiantar, Selasa 10/5/2016 (ajvg/bataktoday)

News Feed