oleh

Junimart Girsang Perjuangkan Renovasi Bangunan dan Pengacara Prodeo di PN Siantar

Pematang Siantar, BatakToday

Kondisi dan kelengkapan fasilitas bangunan Pengadilan Negeri (PN) Pematang Siantar tidak memadai lagi dalam penyelenggaraan fungsi penegakan hukum khususnya dalam pelaksanaan proses persidangan. Selain itu, pendampingan hukum bagi terdakwa yang secara ekonomi tidak mampu karena ketiadaan pengacara prodeo juga menimbulkan masalah dalam proses peradilan di PN Pematang Siantar.

Hal itu diungkapkan anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Junimart Girsang kepada BatakToday, usai melakukan pertemuan dalam rangka reses dengan Ketua Pengadilan Negeri Pematang Siantar beserta jajarannya, Kamis (5/11).

“Yang kita harapkan dari fungsi pengawasan ini adalah menampung segala keluhan dari pihak pengadilan. Apa kendala yang mereka hadapi dalam rangka penegakan hukum,” ujar Junimart.

Sepanjang menyangkut fungsi penegakan hukum di Pengadilan Negeri Siantar, Junimart berjanji akan menyampaikannya pada rapat kerja dengan Ketua Mahkamah Agung serta instansi terkait lainnya.

“Misalnya, bangunan pengadilan ini menurut saya perlu dilakukan renovasi sedemikian rupa, karena fungsi ruangan sudah tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Contoh, ruang tunggu saja tidak ada, ruangan persidangan anak juga tidak ada. Ruang anak menyusui juga tidak ada,” tukas Junimart.

Dari kunjungan reses ke PN Pematang Siantar, Junimart Girsang juga mengidentifikasi kendala fungsi pendampingan perkara bagi terdakwa yang tidak mampu mendatangkan pengacara, pada umumnya terdakwa kasus pemakai narkoba. “Ini menjadi pergumulan bagi teman-teman hakim disini,” ujar Junimart.

Menurut putra Simalungun kelahiran Sidikalang ini,  pendampingan hukum dari pengacara tidak boleh diabaikan dalam proses peradilan. “Saya akan minta kepada Mahkamah Agung agar di PN Siantar disiapkan ruangan untuk pengacara prodeo yang dibayar oleh Negara, seperti yang ada di pengadilan negeri di Jakarta,” tegas Junimart.

Junimart menjelaskan, reses dalam pelaksanaan fungsi pengawasan Komisi III DPR kali ini dilakukannya dengan mengunjungi beberapa institusi penegak hukum di daerah pemilihannya, dan Pengadilan Negeri Pematang Siantar salah satunya.

Sebelumnya, politisi PDI Perjuangan ini telah mengunjungi Kejaksaan Negeri Simalungun dan Polresta Pematang Siantar. Kunjungan masih akan dilanjutkannya ke Pakpak Bharat dan Sidikalang. (EM)

Foto: Anggota Komisi III DPR RI, Junimart Girsang.

News Feed