oleh

Juru Bongkar Bangunan Liar “Menuju” Eks Terminal Sukadame

Pematangsiantar, BatakToday

Ketua Tim Penegak Peraturan Daerah (TPPD) kota Pematangsiantar, Julham Situmorang mengatakan, dalam waktu dekat mereka akan melakukan pembongkaran bangunan liar di sekitar eks Terminal Sukadame, Jalan Sisingamaraja, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Utara.

“Jumlah bangunannya ada sekitar 20 kios. Sudah kita layangkan surat teguran sebanyak dua kali, tapi masih diabaikan,” ucap Julham, Kamis (29/9).

Dua kali disurati belum direspon, Julham menyebut TPPD akan segera melayangkan surat teguran ketiga, untuk meminta kembali kepada para pedagang supaya membongkar sendiri bangunanya. Jika nantinya surat peringatan ketiga diabaikan juga, Julham memastikan TPPD akan melakukan pembongkaran.

Menurut Julham, para pedagang sudah bertahun-tahun mendirikan kios liar di sekitar lokasi eks Terminal Sukadame. Kios liar para pedagang, disamping menimbulkan kekumuhan, juga mengganggu kelancaran lalu lintas kendaraan maupun pejalan kaki, karena sudah ‘menyerobot’ jalur jalan sekitar 3 meter.

Pembongkaran bangunan liar merupakan program pemerintah kota Siantar pada tahun 2016, dengan tujuan untuk penataan kota yang lebih baik.

“Penataan kota kan demi kepentingan semua masyarakat Siantar. Nah setelah dibongkar, pasti masyarakat lebih nyaman melintasi jalan Sisingamangaraja, karena jalannya akan lebih lebar,” terang Julham.

Oleh karena itu, dia menyarankan para pedagang membongkar sendiri bangunan kiosnya. Disamping membantu program pemerintah, juga material bongkarannya dapat lebih utuh dibandingkan jika pihak lain yang membongkarnya.

“Ya kalau bias, para pedagang membongkar sendiri bangunannya, sebelum TPPD turun mengekseskusi,” ujar Julham mengakhiri. (EM)

News Feed