oleh

Kejar Ketertinggalan SDM, Pemkab Labura Jalin Kerjasama dengan USU

.

Medan, BatakToday –

Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) Kharuddin Syah dan Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama beasiswa, Rabu (31/8/2016) pagi di Gedung Rektorat USU Medan. Dengan kerjasama tersebut, 35 mahasiswa asal Labura yang menjalani pendidikan di USU akan menerima beasiswa masing-masing Rp 35 juta per tahun yang menjadi beban Pemkab Labura.

Rektor USU Runtung Sitepu dalam sambutannya memuji langkah Pemkab Labura dalam memajukan daerahnya dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Dia juga menyatakan kesiapan institusi yang dipimpinnya untuk melakukan pendampingan atas upaya Bupati Labura dalam percepatan peningkatan kompetensi SDM di berbagai bidang di kabupaten pemekaran tersebut.

“Kita berharap dengan kerjasama ini Pemkab Labura dapat melahirkan generasi muda yang berkualitas dan kerjasama seperti ini dapat diikuti oleh daerah-daerah lain di Provinsi Sumatera Utara,” katanya.

Sementara itu Bupati Kharuddin Syah dalam sambutannya mengungkapkan, USU merupakan perguruan tinggi ketiga yang menjalin kerjasama dengan Pemkab Labura.

“Sebelumnya kita sudah bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri dan Universitas Negeri Medan,” ujar Kharuddin.

Kharuddin optimis, kerjasama beasiswa dapat meningkatkan minat pelajar Labura kita untuk belajar lebih giat lagi, dan keterbatasan ekonomi tidak lagi menjadi masalah untuk melanjutkan pendidikan.

“Kita juga sudah menjalin komunikasi dengan universitas negeri yang ada di Pulau Jawa, mudah-mudahan dalam waktu dekat kita akan melaksanakan penandatanganan kerjasama,” katanya. (PA/rel)

Foto: Bupati Labura Kharuddin Syah (kemeja putih) dan Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum (kemeja kotak-kotak) berpose bersama usai penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama beasiswa, Rabu (31/8/2016) pagi di Gedung Rektorat USU Medan. (humas labura)

News Feed