oleh

Berjuang Kembali menjadi Lumbung Padi Sumut, Bupati Labura Kerjasama dengan IPB

Bogor, BatakToday –

Hingga tahun 1970-an, Labuhanbatu Utara (Labura) yang saat itu masih bagian dari kabupaten Labuhanbatu merupakan daerah pertanian dan menjadi salah satu lumbung padi Provinsi Sumatera Utara. Namun akibat produktivitas pertanian padi terus menururn, banyak lahan persawahan beralih fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit.

Hal itu diungkapkan Bupati Labura Kharuddin Syah pada acara penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) ‎Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto MSc di ruang kerja Rektor IPB, Jumat (16/9/2016).

“Saya memiliki mimpi ingin mengembalikan kejayaan Kabupaten Labura sebagai lumbung padinya Sumatera Utara. Jadi saya memohon bapak rektor IPB dapat membantu saya mewujudkan mimpi tersebut,” ujar Khairuddin didampingi Asisten Pemerintahan Habibbudin Siregar dan Kabag Humas Muhammad Ikhsan.

Selain bidang pertanian, kerjasama dijalin dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia. Setiap tahunnya Pemkab Labura akan memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Labura yang lolos seleksi ke IPB melalui jalur mahasiswa utusan daerah.

Sementara itu Rektor IPB Prof Herry menyambut baik kerjasama dengan Pemkab labura, dan berjanji akan membantu Pemkab Labura dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas sumber daya manusia.

“Jika Pemkab Labura memiliki semangat yang luar biasa dalam peningkatan pendidikan, maka kami sebagai lembaga pendidik harus lebih semangat lagi membantu,” ujar Prof Herry.

Rektor IPB juga menyambut baik niat Bupati untuk mengembalikan kejayaan Labura menjadi lumbung padi Sumut, dan pihaknya siap membantu mewujudkannya.

“Dalam waktu dekat akan kita kirim tim ke Labura untuk melakukan survei sehingga nantinya kami dapat memberikan rekomendasi kepada Bupati,” ucap rektor.

Usai penandatanganan MoU, rektor membawa rombongan Bupati berkeliling kampus IPB untuk melihat beberapa hasil inovasi IPB.

Sebelumnya, Pemkab Labura juga menjalin kerjasama peningkatan pendidikan dan SDM dengan Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed) dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. (CN/rel)

News Feed