Kemenristekdikti & USM-Indonesia Selenggarakan Pelatihan Verifikator SINTA 2018

Kemenristekdikti & USM-Indonesia Selenggarakan Pelatihan Verifikator SINTA 2018

176
Pelatihan Verifikator SINTA 2018, USM-Indonesia, Medan 24/4/2018 (ist)

Medan, BatakToday

Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), bekerjasama dengan Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia selenggarakan pelatihan Verifikator Sinta 2018, bertempat di Hotel Four Points , Jl. Jend Gatot Subroto No. 395, Medan, 24–25 April 2018.

SINTA (Sistem Indeksasi dan Sitasi) adalah sistem yang dapat digunakan oleh penentu kebijakan untuk melakukan evaluasi kinerja dosen dan rujukan bagi dosen serta peneliti untuk melihat jurnal yang direkomendasi oleh Kemenristekdikti.

“Tujuan Pelatihan Verifikator Sinta ini adalah menyamakan persepsi terkait dengan fitur dan fasilitasi yang akan diberikan oleh pelatih kepada verifikator, serta memberikan panduan, petunjuk teknis dan pemecahan masalah dalam proses verifikasi data dosen serta lembaga di perguruan tinggi masing-masing,” kata Sjaeful Irwan, Kasubdit Sistem Informasi Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti, saat membuka acara ini.

Sjaeful menyampaikan, kegiatan verifikasi SINTA sebelumnya dilakukan secara terpusat, namun dengan adanya pelatihan ini, akan didelegasikan ke masing-masing perguruan tinggi untuk memudahkan dan mempercepat proses verifikasi.

Tole Sutikno, salah satu fasilitator pelatihan, menambahkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk pengoptimalan mekanisme pengumpulan data, serta menjamin data yang masuk valid dan sesuai dengan kinerja masing-masing penulis.

Dalam paparannya, Sutikno mengakui, USM-Indonesia salah satu kampus yang dosen-dosennya aktif menulis di beberapa publikasi ilmiah nasional dan internasional.

“Misalnya seperti di Jurnal Internasional Scopus terindex sebanyak 9 artikel, ini cukup baik di Sumut,” katanya.

Pelatihan ini diikuti 120 orang peserta yang berasal dari semua perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumatera Utara.

Evarina Sembiring, M.Kes, Ketua LPPM, USM-Indonesia, sebagai host, mengharapkan kegiatan ini bermanfaat untuk evaluasi kinerja dosen dan perguruan tinggi secara efektif dan efisien dalam rangka meningkatkan jumlah dan mutu penelitian dosen, sebagai wujud dari penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi. (rel/Karmel Simatupang)