oleh

Kesehatan, Diet dan Nutrisi

Oleh: Lissa Saragih Phillips

Ada dua faktor utama yang menentukan kesehatau kita yaitu nutrisi dan gaya hidup. Kita adalah apa yang kita makan. Bagaimana kita hidup dan apa yang kita lakukan juga, dengan serius dapat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup kita. Kebanyakan saintis nutrisi setuju mengenai hal ini.

Pengabaian pada diet yang seimbang dan gaya hidup sehat dapat dengan serius mempengaruhi kesehatan kita. Mental stres adalah faktor penentu lainnya yang berpengaruh dalam jangka panjang terhadap kesehatan dan kesejahteraan hidup.

Berbagai penyakit sering muncul seperti diabetes, stroke, obesitas, kondisi jantung dan sirkulasi darah tidak bekerja dengan teratur. Dengan problema penyakit seperti ini yang terus meningkat dan berkepanjangan akan mengakibatkan penurunan kualitas kesehatan dan kesejahteraan hidup kita.

Pencegahan dengan diet kesehatan yang seimbang dan menjadikannya gaya hidup adalah jauh lebih baik daripada pengobatan yang dengan cara pembedahan dan mengkomsumsi obat-obatan berdosis tinggi dan terus-menerus. Pendekatan dengan diet kesehatan yang seimbang dan menjadi gaya hidup biasa disebut sebagai holistic approach.

Holistic approach pada awalnya dimulai dengan cukup mengkonsumsi air putih yang murni at least dua liter per hari. Para ahli gizi (nutritionists) meyakini bahwa diet yang seimbang cukup dengan mengkonsumsi tiga jenis sayuran dan dua jenis buah setiap hari (sebagian merekomendasikan empat jenis sayuran dan tiga jenis buah). Warna buah dan sayuran yang direkomendasikan adalah hijau, merah, kuning, putih, jingga dan variasinya.

Sayuran apabila dapat dilalap mentah (green salad garden) adalah jauh lebih baik. Dan jika harus dimasak, maka pilihannya adalah sayuran berwarna hijau dan prosesnya dilakukan dengan waktu sesingkat mungkin. Sayuran yang tidak disemprot dengan bahan kimia (non sprayed foods) jauh lebih sehat untuk dikonsumsi.

Makanan yang digoreng (fried foods) pada umumnya kurang sehat dan opsi terbaik adalah dengan cara di-steam atau direbus. Terlalu banyak lemak pada daging yang dikonsumsi juga kurang baik untuk kesehatan tubuh. Kecanduan terhadap makanan dan minuman yang serba manis bahkan penggunaan gula yang berlebihan dapat menciptakan banyak masalah bagi tubuh.

Tiga puluh menit berjalan, bersepeda, berenang, latihan yoga setiap hari merupakan hal yang sangat esensial bagi kesehatan dan kesejahteraan hidup.

Solusi kesehatan secara umum sebenarnya sangat sederhana dengan menggunakan naluri dasar kehidupan. Tetapi kita sering membiarkan kebiasaan buruk seperti rutinitas hidup yang tidak teratur, budaya sosial yang tidak sehat, kemalasan untuk berolahraga, dan kebiasaan buruk lainnya yang mencegah jalan kehidupan kita untuk maju ke masa depan yang lebih cerah.

Marilah saling mengilhami, saling mendukung dengan sudut pandang yang positif dan bersinar cerah. (LSP)

News Feed