oleh

DPRD Medan Desak Pemko Lanjutkan Penertiban Reklame

Medan, BatakToday –

Ketua DPRD Kota Medan, Henrijon Hutagalung, mendesak pemerintah kota segera melakukan penertiban reklame yang tidak patuh aturan yang berlaku. Ia menyesalkan pemberian tenggang waktu untuk reklame tidak berizin tersebut.

“Kita minta segera ditindaklanjuti, karena memang ini sudah menjadi rekomendasi kita,” kata Henrijon disela-sela pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Medan 2017, Rabu (16/3/2016). Hal itu juga disampaikannya dalam sambutannya pada pembukaan acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

Padahal, lanjut Henrijon, penertiban reklame sudah sempat dilakukan. Sayangnya, kini yang baru berdiri pun ada di kawasan yang dilarang sesuai perda.

“Masa pemerintah kalah dalam penegakan perda, kita minta itu segera dilaksanakan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pansus Reklame DPRD, Landen Marbun mengatakan,  pihaknya akan bertemu dengan Walikota Medan Dzulmi Eldin untuk membahas permasalahan tersebut.

“Kita ingin mendengar langsung apa jawaban walikota, kenapa diberi tenggang waktu satu tahun untuk melaksanakan rekomendasi kita,” ujarnya.

Landen menegaskan, penegakan penertiban reklame ini terutama ditujukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Dimana, dari target yang ditetapkan saja Pemko Medan tidak bisa merealisasikannya. Padahal, menurut Landen, target PAD yang ditetapkan belum sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan. Masih ada kemungkina potensi yang belum terdata dan mestinya target itu bisa dicapai.

“Makanya, kita pertanyakan hal ini, agar bisa diberikan penjelasan yang konkrit,” katanya.

Menurut Landen, pendirian reklame di sejumlah ruas jalan bisa saja dilakukan tapi tidak di badan jalan, trotoar atau beram jalan.

“Bisa saja, tapi harus bekerjasama dengan warga setempat untuk menggunakan lokasi warga,” katanya. (AFR)

Foto: Ketua Pansus Reklame DPRD Kota Medan, Landen Marbun. (ist)

News Feed