oleh

Keuskupan Agung Medan Akan Rayakan Sinode VI di Siantar

Pematangsiantar, BatakToday

Perayaan Sinode VI Gereja Katolik Keuskupan Agung Medan yang akan berlangsung pada tanggal 7-11 September 2016 mendatang digelar di Rumah Pembinaan Fransiskan Naga Huta, perbatasan Kecamatan Siantar Sitalasari Kota Pematangsiantar dengan Kecamatan Panombeian Panei Kabupaten Simalungun.

Pesertanya dari kalangan perwakilan umat Katolik di Sumatera Utara-Aceh yang tersebar dalam 8 Vikariat (wilayah) sebanyak 350 orang dan kalangan Pastor 220 orang. Tema Sinode kali ini adalah “Keluarga Sebagai Gereja Kecil” yang akan membicarakan berbagai pergumulan maupun refeleksi  kehidupan gereja yang ada di tengah-tengah keluarga Katolik.

“Ini juga merupakan bagian peran kami sebagai umat Katolik membantu pemerintah dalam membina keluarga-keluarga kecil,” ujar Pastor Imanuel Sembiring selaku Ketua Panitia Lokal di Pematangsiantar, kepada Penjabat Walikota, Drs.Jumsadi Damanik SH,M.Hum, saat beraudensi di Rumah Dinas Walikota, Rabu sore (10/8).

Sementara, Ketua Umum Panitia Sinode adalah Parlindungan Purba SH,MM yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Sumatera Utara.

Kedatangan Pastor Sembiring didampingi perwakilan Uskup di Pematangsiantar, Pastor Mikhael Manurung serta Wilopo Hutapea selaku Komisi Keluarga Keuskupan Agung Medan.

Dari jajaran Pemko Pematangsiantar tampak hadir, Staf Ahli Walikota Drs. Chaidir Sitompul, Kepala Badan Perijinan Terpadu Esron Sinaga,M.Si, Kepala Dinas Pertanian Robert Pangaribuan MP, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Drg.Rumondang Sinaga, Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja Poltak Manurung SE, Kabag Kesra Drs.SA. Amsah dan Plt.Kabag Humas Jalatua Hasugian.

Dalam rilis yang diterima disebutkan, acara pembukaan kegiatan yang akan dihadiri Duta Besar Vatikan untuk Indonesia ini, juga akan dihadiri Menteri Agama, Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama, Gubernur Sumatera Utara, Bupati Simalungun, Walikota Pematangsiantar bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Penjabat Walikota mengapresiasi kegiatan keagamaan seperti ini digelar di Pematangsiantar, apalagi dengan menghadirkan peserta dari luar daerah. Karena hal ini akan menjadi promosi juga ke publik tentang keadaan kota Pematangsiantar.

“Saya berharap agar sinode berlangsung dengan baik serta menghasilkan berbagai kesepakatan penting yang bermanfaat bagi pengembangan keluarga umat Katolik,” katanya. (rel/ajvg)

Foto:

Pj Walikota Pematangsiantar Drs.Jumsadi Damanik SH,M.Hum, saat menerima audensi Panitia Perayaan Sinode VI Gereja Katolik Keuskupan Agung Medan, di Rumah Dinas Walikota, Jalan MH Sitorus,Pematangsiantar, Rabu sore 10/8/2016 (ist)

News Feed