oleh

KMP Ferry PT PPSU Layani Penyeberangan 24 Jam di Danau Toba

Medan, BatakToday –

Meski hanya menyumbang Rp 921 juta untuk pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Tengku Erry Nuradi tetap mengapresiasi terhadap PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU).

Dalam laporan tahun buku 2015, PT PPSU tercatat mampu meningkatkan kontribusi bagi PAD Sumut hampir 100 persen, dari Rp 500 juta pada tahun 2014 menjadi Rp 921 juta pada tahun 2015.

“Meski marginnya masih kecil, tetapi ini layak mendapatkan apresiasi. Untuk itu, saya berharap, seluruh direksi dan jajarannya terus meningkatkan kinerja di tahun mendatang,” ujar Erry pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS)  Pengesahan Laporan Tahun Buku 2015 PT PPSU di ruang rapat kantor PT PPSU, Jl Williem Iskandar Medan, Rabu (22/6/2016).

Hadir pada rapat tersebut, Direktur Utama (Dirut) PPSU Tasimin MT, Direktur Umum dan Keuangan Sofyan A Tambunan, Dewan Direksi Syarifullah Harahap,  Yusran Syafri, Amsal Nasution, Kabag Perekonomian Kota Binjai Ahmad Ilham,  dan Notaris Faisal.

Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi foto bersama jajaran manajemen dan komisaris PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) usai menggelar RUPS Pengesahan Laporan Tahun Buku 2015 di ruang rapat kantor PT PPSU, Jl Williem Iskandar Medan, Rabu (22/6/2016). (ist)
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi foto bersama jajaran manajemen dan komisaris PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) usai menggelar RUPS Pengesahan Laporan Tahun Buku 2015 di ruang rapat kantor PT PPSU, Jl Williem Iskandar Medan, Rabu (22/6/2016). (ist)

Dalam kesempatan itu, Erry mengimbau manajemen PT PPSU untuk memaksimalkan seluruh unit usaha untuk mencapai target tahun buku 2016 yakni kenaikan mencapai 100 persen dari buku 2015.

“Saya mencatat target PT PPSU tahun 2016 diharapkan naik 100 persen, jika tanpa adanya penambahan penyertaan modal. Tentu jika ada penambahan penyertaan modal, kontribusi yang akan disumbangkan ke PAD Sumut jauh lebih baik,” sebut Erry.

Sementara Direktur Utama (Dirut) PPSU Tasimin MT mengatakan, peningkatan kontribusi PT PPSU terhadap PAD Sumut tahun 2015 didorong optimalisasi pengelolaan unit usaha pengakutan transportasi penyebarangan fery di kawasan Danau Toba.

“Saat ini PT PPSU telah melakukan kontrak kerjasama dengan PT Elnusa untuk penyeberangan truk tangki menuju SPBU di Pulau Samosir. Ada 2 truk tangki tiap hari. BBM berasal dari Depo Pertamina di Siantar. Sebelumnya, kontrak kerjasama seperti ini belum pernah dilakukan di PT PPSU,” jelas Tasimin.

Selain itu, PT PPSU mengeluarkan kebijakan pelayanan 24 jam operasional KMP Ferry di Danau Toba, terutama pada saat libur panjang, tahun baru dan lebaran.

“Sebagai perusahaan milik daerah, kebijakan ini harus kita lakukan demi melayani penumpang,” tambah Tasimin.

Kendati demikian, imbuh Tasmin, PT PPSU terpaksa melakukan subsidi silang untuk layanan pada jalur perintis minim penumpang, seperti lintas Sipinggan menuju Muara dan Onan Runggu menuju Balige.

“Walau terhitung merugi, tetapi PT PPSU tetap menciptakan pelayanan walau harus melakukan subsidi silang,” katanya.

PT PPSU, sebut Tasimin, telah menjalankan program jangka pendek di tahun 2016, diantaranya pengembangan bidang properti yang dituangkan dalam Program Grya Sumut Paten di kawasan Patumbak, Deliserdang.

“Program ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat dalam penyediaan sejuta rumah. PPSU tahap awal saja membangun 300 rumah. Saat ini 100 rumah telah selesai,” papar Tasimin.

Selain itu, PPSU juga telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah kabupaten (pemkab) dan pemerintah kota (pemko) di Sumut di bidang teknologi informasi (TI) dengan membangun sarana penguat signal micro cell pole di kawasan lahan tidur.

“Program ini sudah mendapatkan izin prinsip dari Pemko Pematang Siantar dan Pemko Tebing Tinggi. Sedang untuk Pemko Medan dan Pemprov Sumut sedang dalam pembahasan. Program micro cell pole sendiri adalah program penguat signal 4G internet, terutama di kawasan yang sulit terjangkau sinyal di daerah di Sumut,” sebut Tasimin. (AFR)

Foto: KMP Sumut II milik PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU) sedang sandar di pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir. (panoramio.com)

News Feed