oleh

Komisioner Panwas Kota Siantar Diberhentikan

Jakarta, BatakToday

Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan pemberhentian tetap atas dua komisioner Panitia Pengawas Pemilihan Kota Pematang Siantar, yakni Manoaris Sitindaon dan Elpina Tanjung, Selasa (17/11) sore. DKPP juga menjatuhkan pemberhentian sementara terhadap Darwan Edyanto Saragih selaku Ketua Panwaslih sejak putusan dibacakan, sampai Bawaslu Provinsi Sumatera Utara mengoreksi putusan sengketa Panwaslih Pematang Siantar yang menetapkan Survenof Sirait dan Parlindungan Sinaga sebagai pasangan calon dalam Pilkada Pematang Siantar.
Selanjutnya, sidang DKPP juga memerintahkan Bawaslu Provinsi Sumatera Utara untuk menindaklanjuti putusan tersebut, dan memerintahkan Bawaslu RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan.
Sidang DKPP digelar untuk memeriksa dan memutus pengaduan Zainul Arifin dengan kuasa hukum Victoria, yang mengajukan pengaduan terhadap ketiga komisioner Panwaslih Kota Pematang Siantar yang diduga telah melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu dalam proses pemeriksaan dan pengambilan keputusan atas sengketa pilkada yang dijukan bakal pasangan calon wali kota-wakil wali kota Pematang Siantar, Surfenof Sirait dan Parlindungan Sinaga.
Sebelumnya, sidang DKPP juga memutuskan pengaduan Fernando Simanjuntak atas KPU Kota Pematang Siantar. DKPP memutuskan komisioner KPU Kota Pematang Siantar  tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu. Dengan demikian KPU Kota Pematang Siantar direhabilitasi nama baiknya sejak putusan dibacakan. (JP)

 

Foto ilustrasi

News Feed