oleh

Korem 022/PT Gelar Upacara Puncak HUT TNI Ke-71 Tahun 2016

Pematangsiantar, BatakToday

Puncak peringatan HUT TNI Ke 71 Tahun 2016 di Korem 022/Pantai Timur dilaksanakan dengan sederhana penuh khidmat, bertempat di Lapangan Makorem 022/PT Jl. Asahan Km 3,5 Pematangsiantar, Rabu (5/10/2016).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Korem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lema, S.Sos.  Upacara yang dimulai pada Pukul 08.00 Wib dihadiri Danrindam I/BB Kolonel Inf I Wayan Suarjana, Wadanrindam I/BB Kolonel Arh I Made Suryawan, Kasatdisjan, para Kasi Korem 022/PT, para Perwira Korem 022/PT dan Rindam I/BB.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Danrem 022/PT Kolonel Inf Gabriel Lema, S.Sos mengajak seluruh prajurit dan PNS dan Keluarga Besar TNI untuk sejenak merendahkan hati dan menundukkan kepala seraya berdoa yang ditujukan kepada para pahlawan, sesepuh dan senior TNI yang telah mendarmabaktikan dirinya kepada bangsa dan negara serta TNI hingga saat ini.

Pada Peringatan ke-71 Hari TNI Tahun 2016 kali ini, memang tidak dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun alutsista TNI, tetapi upacara dilaksanakan di tingkat daerah secara sederhana.

“Harapan saya, semoga kegiatan yang dilaksanakan tidak mengurangi makna dan kemeriahan HUT TNI ini, karena setiap wilayah melaksanakan upacara yang dipadukan dengan pertunjukkan seni dengan mengangkat kearifan lokal budaya, seperti baca puisi, cipta lagu, tarian daerah setempat. Juga mengadakan kegiatan sosial, seperti bedah rumah, operasi katarak dan pengobatan masal. Hal itu merupakan kepedulian TNI kepada rakyat,” demikian pesan Panglima TNI.

Danrem 022/PT menyerahkan Setya Lencana Kesetiaan (ist)
Danrem 022/PT menyerahkan Setya Lencana Kesetiaan (ist)

Selanjutnya Panglima TNI mengatakan, penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2016.  Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-71 TNI ini adalah “Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

Makna yang terkandung di dalam tema tersebut adalah TNI tumbuh berkembang, serta berjuang bersama rakyat. Inilah esensi ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar ditengah arus globalisasi yang terus bergerak secara dinamis.  Kesejatian tersebut harus terus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selama ini TNI telah, dan akan terus, memberikan sumbangsihnya kepada bangsa dan negara baik melalui Operasi Militer Perang (OMP) ataupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khususnya dalam tugas OMSP berbagai tugas telah dilakukan oleh prajurit TNI dengan baik yang melebihi panggilan tugasnya.

Dalam kesempatan Upacara HUT TNI Ke-71 tersebut, Danrem 022/PT menyerahkan Setya Lencana Kesetiaan kepada tiga orang prajurit yaitu, Mayor Arm Jokken Manurung Dankijar B Didikpur Rindam I/BB, Serda Jonggar Romson Panjaitan Wadan Klas A Ton 1Kijar B Secata A Rindam I/BB dan Praka Praja Suprianto Tabakpan-2 Ru II Ton II Kidemlat Rindam I/BB. (rel/ajvg)

News Feed