oleh

KPU Binjai Bantah Isu Pembatalan Paslon Saleh Bangun-Dhani Setiawan

Binjai, BatakToday-

Beredarnya isu pencalonan Saleh Bangun sebagai Calon Walikota Nomor Urut 3 dibatalkan karena telah menyandang status tersangka dan ditahan, dibantah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai.

Ketua KPU Binjai, Herry Dani menyatakan, Saleh Bangun yang ditahan KPK masih sah menjadi calon wali kota Binjai. “Batalnya pencalonan tersebut apabila sudah diputuskan bersalah dan telah mempunyai ketetapan hukum tetap atau inkracht,” tegas Herry Dani, Selasa (10/11) malam.

Pada kesempatan yang sama, anggota KPU Binjai Labaik Simanjorang mengatakan, status tersangka dan penahanan Saleh Bangun tidak menghilangkan hak konstitusionalnya sebagai calon.

“Sampai saat ini tidak ada peraturan KPU yang menyatakan gagalnya pencalonan karena status tersangka. Dengan kata lain, paslon nomor urut tiga masih bisa terus mengikuti tahapan pilkada kota Binjai seperti kampanye akbar yang beberapa hari lagi akan dilaksanakan,” papar Simanjorang.

Herry Dani menjelaskan, untuk tahapan pilkada seperti debat kandidat, Saleh Bangun dapat diwakili pasangannya calon wakil walikota, dan surat suara akan tetap dicetak dengan foto paslon nomor tiga.

Saat dikonfirmasi, pasangan Saleh Bangun, calon wakil wali kota Binjai Dhani Setiawan Isma mengatakan, menghormati proses hukum yang berlangsung di KPK. Ia juga yakin para relawan dan pendukung tetap semangat untuk memenangkan mereka.

“Kejadian ini tentunya menjadi pemicu bagi kami untuk tetap solid. Yang ingin saya sampaikan, masyarakat jangan terpengaruh atas isu-isu miring yang berkembang. Lihatlah visi misi yang kami bawa dalam memberikan perubahan,” ujar Dhani.

Seperti diketahui, calon wali kota Binjai yang juga mantan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Saleh Bangun, ditahan KPK usai menjalani pemeriksaan selaku tersangka kasus suap interpelasi DPRD Provinsi Sumatera Utara, Selasa (10/11) kemarin. Menurut Plh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati, Saleh Bangun ditahan di Rutan Polres Jakarta Selatan. (lud)

Keterangan Foto:

Calon Walikota Binjai 2015 – 2020 Saleh Bangun digiring menuju mobil tahanan usai diperiksa KPK, Jakarta, Selasa (10/11).

 

News Feed