oleh

KPU Humbahas Akhirnya Tetapkan HARMONI Peserta Pilkada 9 Desember

Humbahas, BatakToday

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Humbahas akhirnya menetapkan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Humbahas Harry Marbun-Momento Nixon Sihombing (HARMONI) menjadi peserta pilkada Kabupaten Humbahas pada 9 Desember 2015 mendatang. Penetapan sesuai hasil rapat pleno KPU Kabupaten Humbahas dengan Keputusan KPU Kabupaten Humbahas Nomor 251/Kpts/002.434857/XI/2015 tentang Penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati yang memenuhi persyaratan pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Humbahas tahun 2015. Keputusan itu merupakan tindak lanjut atas putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT TUN) Medan nomor 10/G/PILKADA/2015/PT TUN-MDN.

Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten Humbahas, Leonard Pasaribu, kepada wartawan, Minggu (8/11) di Dolok Sanggul.

Menurut Leonard, penepatan calon Kepala Daerah terhadap Paslon HARMONI itu berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pihaknya bersama KPU Provinsi Sumatera Utara dan KPU Pusat, dengan mengkaji hasil putusan PT TUN Medan mengabulkan gugatan HARMONI. Keputusan itu diambil sesuai dengan hasil rapat bersama yang dilaksanakan pada 5 November lalu, yang dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI Husni Kamil Manik  bersama seluruh komisioner, KPU Provinsi Sumut dan KPU Kabupaten Humbahas.

“Dalam pelaksanaan putusan PT TUN, KPU Provinsi menganjurkan kita konsultasi ke KPU pusat. Dan pada tanggal 5 November kemarin, kami bersama KPU pusat dan KPU Provisnsi mengadakan rapat bersama yang dipimpin oleh Ketua KPU Pusat Husni Kamil,dihadiri lima komisionernya.  Dalam kesimpulan rapat itu, kita diintruksikan supaya melaksakan sepenuhnya putusan PT TUN, dengan memasukkan penggugat (Harmoni) menjadi paslon. Dan itulah yang  kita laksanakan hari ini,” ujar Leonard merinci kronologi pengambilan keputusan.

Leonard lebih lanjut menjelaskan, pada tanggal 28 Oktober 2015 yang lalu sesuai arahan KPU RI melalui Surat KPU RI Nomor 725/KPU/X/2105 tanggal 23 Oktober 2015 perihal penjelasan atas surat Ketua KPU RI Nomor 710/KPU/X/2015 tanggal 22 Oktober tentang tindak lanjut keputusan PT TUN, KPU Humbahas menerima berkas syarat pencalonan dan syarat calon pasangan Harmoni untuk diteliti dan diverifikasi ulang.

Leonard mengatakan, hasil penelitian dan verifikasi berkas selanjutnya dilaporkan ke KPU Provinsi Sumatera utara dan KPU RI untuk diteliti kembali.

“Meskipun berdasarkan penelitian kami (KPU Humbahas, red) tidak memenuhi syarat, namun kajian KPU Pusat menyimpulkan bahwa PT TUN telah meneliti dan memutuskan bahwa paslon HARMONI memenuhi syarat dan harus diikutsertakan pada Pilkada 9 Desember. Sedangkan untuk paslon lain yakni PATEN, setelah memperhatikan objek atau pokok perkara, ternyata Paslon Palbet – Hendri (PATEN) menurut kajian PT TUN tidak memenuhi syarat” urai Leonard.

Menanggapi pertanyaan wartawan tentang kemungkinan paslon PATEN akan menggugat KPU Humbahas, Leonard dengan tegas mempersilahkan paslon tersebut untuk mencari keadilan. “Itu hak mereka, silahkan saja mencari kebenaran dan keadilan ke pengadilan. Kalau kita sebagai penyelenggara hanya menerima dan menetapkan. Intinya kita menjalankan sesuai prosedur” ujar Leonard.

Terpisah, Calon Bupati Harry Marbun menanggapi positif keputusan KPU Humbahas yang akhirnya menetapkan HARMONI sebagai peserta pilkada. “Kami telah berjuang dalam menegakkan satu titik kebenaran yg selama ini tertutup. Dan ini merupakan salah satu pembuktian yang dapat kita berikan kepada masyarakat, bahwa kita perlu berjuang untuk kebenaran, dan bukan malah memberikan kegelapan dalam proses berpolitik,” ujar Harry di kediamannya. (FT)

Foto:  Pasangan calon bupati/wakil bupati Harry Marbun- Momento Nixon Sihombing (HARMONI).

News Feed