oleh

KPU Siantar: “Pemilih Pemula yang Terdaftar di DPT, Boleh Memilih…!”

Pematangsiantar, BatakToday

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pematangsiantar, menegaskan bahwa pihaknya tidak mengeluarkan surat keterangan bagi pemilih pemula yang belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Dinas ini hanya mengeluarkan surat keterangan untuk pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman e-KTP.

Hal ini diungkapkan Kadisdukcapil, Serta Ulina Girsang,  saat dikonfirmasi via SMS , Selasa (15/11).

Serta Ulina menyebut, kebijakan Disdukcapil tersebut sudah sesuai peraturan, tetapi tidak menyebut secara detil peraturan yang dimaksud.

“Semua surat keterangan pemilih pemula sudah dikeluarkan Disukdcapil. Dengan catatan, hanya pemilih yang sudah melakukan perekaman KTP elektronik. Karena peraturannya, surat keterangan hanya diterbitkan bagi yang sudah merekam KTP. Baik pemilih pemula, maupun dewasa,” sebutnya melalui pesan SMS.

Disinggung tentang ‘nasib’ pemilih pemula apabila tidak memperoleh Surat Keterangan dari Disdukcapil, sementara menurit surat Kemendagri Nomor 471.13./11691/DUKCAPIL, bahwa salah satu tujuan surat keterangan pemilih pemula diterbitkan adalah untuk menyelematkan hak pilihnya, namun Serta Ulina kembali menegaskan hal yang sama.

“Gak ada diperintahkan mengeluarkan surat keterangan bagi pemilih pemula yang belum merekam KTP. Dari tadi saya sudah jelaskan, surat keterangan hanya diterbitkan bagi yang sudah merekam KTP,” sebutnya.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar, Mangasi Tua Purba, saat dikonfirmasi tentang ‘nasib’ pemilih pemula yang tidak memperoleh surat keterangan dari Disdukcapil menyebutkan, setiap pemilih pemula yang tercantum dalam Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Pilkada Siantar Susulan 2016 , boleh memberikan suara dalam pilkada besok (16 Nopember 2016).

“Sepanjang namanya sudah ada dalam DP4 17 tahun, bisa memilih,” sebutnya melalui pesan singkat.

Ditambahkannya lagi, DP4 17 Tahun tersebut datangnya dari Kementerian Dalam Negeri, dan semuanya sudah dimasukkan ke Daftar Pemilih Tetap (DPT) per tanggal 4 Nopember 2016. (EM/ajvg)

News Feed