oleh

KPU Tobasa Akhirnya Ikutkan Monangta Bertarung pada Pilkada 9 Desember

Balige, BatakToday.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toba Samosir akhirnya meloloskan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Monang Sitorus – Chrissie Sagita Hutahaean (Monangta) menjadi peserta Pilkada 9 Desember mendatang. Keputusan itu diambil setelah Panwaslih Tobasa mengabulkan seluruh gugatan sengketa yang disampaikan pasangan Monangta belum lama ini.

“Karena keputusan Panwaslih itu bersifat mengikat dan wajib hukumnya, kemudian kita sudah berkoordinasi dengan KPU Propinsi, KPU Pusat, maka secara resmi pasangan Monangta akan diikutkan menjadi peserta Pilkada Tobasa,” kata Ketua KPUD Tobasa, Rinto Hutapea ketika dikonfirmasi Batak today.Com, Kamis (17/9) melalui telepon selularnya.

Dikatakan Rinto Hutapea, keputusan dan surat keputusan secara resmi akan diterbitkan dalam waktu dekat, dan hanya menunggu waktu saja. “Jadi surat Keputusan KPU untuk mengikutkan pasangan calon bupati dan wakil bupati Monang Sitorus – Chrissie Sagita Hutahaean akan diterbitkan dalam waktu dekat,” ujarnya.

Salah seorang relawan Monangta, Kempes Pardede warga Balige mengaku senang atas diikutkannya pasangan Monangta pada Pilkada Tobasa 9 Desember mendatang. “Ini buktinya Tuhan masih memihak kepada Monangta. Begitu juga masyarakat Tobasa masih menginginkan Monangta menjadi Bupati Tobasa,” tandas Kempes Pardede.

Dikatakannya, mendengar lolosnya Monangta ini peserta Pilkada, masyarakat pasti merasa senang dan terharu, mengingat telah banyak rintangan dan hambatan yang dialami Monangta ini.

Sebab, sambung Kempes, ketika Monang Sitorus bupati Tobasa limat tahun lalu, masyarakat mengakui pembangunan di Tobasa  banyak menyentuh kehidupan masyarakat. “Kebaikan yang diperbuat Monangta selama ini masih melekat di hati masyarakat,” ujar Kempes Pardede.

Masih menurut Kempes, dengan diikutkannya Monangta menjadi peserta, pilhan masyarakat menjadi lebih kompetitif dan tidak gontok-gontokan lagi, karena jika dua calon bupati, sangat rentan dengan gesekan antara kedua pendukung.

“Saatnya, calon bupati kita dukung dari jalur Independen, karena risiko calon bupati independen akan kecil dan positif,” kata Kempes Pardede mengakhiri penjelasannya.

 Seperti telah diberitakan, putusan hasil musyawarah penyelesaian sengketa pilkada antara pasangan bakal calon Monang Sitorus- Chrissie Sagita Hutahaean dengan KPU Tobasa dilakukan oleh Panwaslih Tobasa pada hari Jumat (11/9) yang lalu.

Keputusan Sengketa Nomor: 001/PS/PWSL.TPU.02.06/VIII/2015 mengabulkan permohonan yang diajukan pasangan Monang Sitorus- Chrissie Sagita Hutahaean untuk seluruhnya, membatalkan Keputusan KPU Kabupaten Toba Samosir Nomor: 54/kpts.02.434801/2015, dan menetapkan Drs. Monang Sitorus, SH dan Chrissie Sagita Hutahaean sebagai pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toba Samosir 2015, serta meminta kepada KPU Toba Samosir untuk membuat Keputusan baru dengan menambahkan Drs. Monang Sitorus, SH dan Chrissie Sagita Hutahaean sebagai pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir. (AP)

News Feed