oleh

Lapangan Parkir Pariwisata Kota Siantar Jarang Digunakan

Pematangsiantar, BatakToday

Selama setahun terakhir, lapangan parkir pariwisata di Kota Pematangsiantar, yang terletak di jalan Merdeka, tepatnya di depan Balai Kota, sepi dari bus-bus wisatawan yang singgah di kota ini. Hal ini diungkapkan para pedagang di sekitarnya, Kamis (16/2/2017).

Para pedagang menyebutkan bus-bus wisata lebih memilih parkir langsung di tempat tujuan, karena tidak ada larangan, atau tidak ada yang mengarahkan bus-bus itu parkir di tempat yang telah disediakan. Menurut mereka, sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Busnya sekarang lebih sering parkir langsung di sekitar objek wisata. Misalnya di Taman Hewan, bus parkir di Jalan MH Sitorus. Bisa jadi itu karena permintaan wisatawannya atau kehendak supir, tetapi juga tentu karena tidak ada yang mengarahkan untuk ke sini. Makanya kadang pedagang juga jadi langsung ke objek wisatanya. Kalau dulu beda, sewaktu masih ramai bus wisatawan parkir di sini, sedikit banyak dagangan kami lebih laku” ungkap salah seorang pedagang makanan di sekitar lapangan parkir pariwisata.

Lokasi lapangan parkir bus pariwisata sangat strategis. Disamping mengurangi kemacetan di kota Siantar jika bus wisata parkir di sembarang tempat, juga dari tempat ini tidak jauh untuk menjangkau objek-objek yang biasa dikunjungi wisatawan yang datang ke kota Siantar.

“Padahal mau berwisata ke Taman Bunga, Vihara Avalokistevara, Taman Hewan, Museum Simalungun atau belanja kuliner di pusat kota, cukup dekat jaraknya dari lapangan parkir pariwisata ini,” pedagang ini.

Terpisah, Kepala Bidang Hubungan Darat Dinas Perhubungan Kota Pematangsiantar, Budi Nasution  membenarkan bahwa saat ini bus wisatawan jarang parkir di lapangan parkir pariwisata.

“Ya, seperti di jalan MH Sitorus atau sekitar Taman hewan, hari-hari libur memang banyak bus-bus wisatawan  parkir di situ. Kalau di pusat kota, jalan Sutomo-Merdeka  tidak kami temukan bus wisatawan parkir sembarangan. Tapi biar lebih pasti, didata dulu lah, dimana saja lokasi bus pariwiata yang parkir sembarangan. Apalagi sampai mengganggu kelancaran arus lalu lintas. Nah setelalah didata, Dishub akan aktif melakukan pemantauan, dan mengarahkan bus-bus wisatawan agar parkir di lapangan parkir pariwisata,” ucapnya via seluler.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata, Jekson Hasan Gultom belum berhasil dikonfirmasi tentang hal ini. Saat akan dijumpai, sedang berada di luar kantornya, dan tidak terdengar ada jawaban ketika coba dihubungi via telepon seluler. (EM)

News Feed