oleh

Maharani Galeri Luncurkan Batik Medan & Songket Deli

.

Medan, BatakToday –

Ketua Dekranasda Kota Medan, Rita Maharani Dzulmi Eldin, perkenalkan Batik Medan dan Songket Deli yang dikemas dalam busana casual, hijab, gaun malam dan busana pria. Langkah tersebut diharapkan dapat membangkitkan kecintaan masyarakat Kota Medan terhadap kedua produk budaya Melayu tersebut.

Peluncuran dilakukan pada peresmian Kantor Dekranasda dan Maharani Galeri Batik Medan dan Songket Deli oleh Walikota Medan Tengku Dzulmi Eldin di halaman Kantor PKK Kota Medan Jalan Rotan Medan, Senin (8/8/2016).

Selain memperkenalkan Batik Medan dan Songket Deli yang merupakan karya Rita Maharani Dzulmi Eldin, galeri juga menampilkan berbagai jenis produk unggulan UMKM Kota Medan, diantaranya kursi rotan, tutup lampu hias, sepatu rajut, tas, dan berbagai jenis makanan ringan.

Rita Maharani Dzulmi Eldin dalam sambutannya mengungkapkan, keberadaan Kantor Dekranasda dan Maharani Galeri Batik Medan dan Songket Deli merupakan langkah awal dari obsesinya untuk mempromosikan produk unggulan UMKM di Kota Medan.

“Sejak dilantik menjadi Ketua Dekranasda Kota Medan, saya berupaya melakukan pembinaan UMKM yang ada di Kota Medan. Di samping itu saya berusaha membantu pemasarannya bersama dinas terkait, sehingga diperlukan tempat untuk mempromosikannya. Dengan kehadiran kantor dan galeri ini, saya ingin menjadikannya sebagai pusat promosi produk unggulan UMKM,” katanya.

Menurut Maharani, pengembangan UMKM Kota Medan khususnya batik Medan dan Songket Deli mengalami banyak kendala, diantaranya keterbatasan permodalan, minimnya sumber daya manusia pengrajin batik, keterbatasan bahan baku, dan kurangnya pelatihan. Untuk itu, Maharani mengharapkan dukungan instansi terkait dalam pengembangan UMKM khususnya Batik Medan dan Songket Deli.

Selain dukungan permodalan dan pelatihan, Maharani meminta dinas terkait memberikan kesempatan kepada para pengrajin untuk mempromosikan produk mereka pada berbagai even seperti Inacraft, PRSU, Ramadhan Fair dan lainnya.

“Saya mengajak semua, khususnya ibu-ibu agar dapat memakai dan mencintai produk unggulan daerah Kota Medan, terutama Batik Medan dan Songket Deli. Sebab, busana ini dapat dikenakan sebagai busana sehari-hari, pakaian kerja maupun busana pesta. Dengan demikian kita turut membantu memajukan UMKM di Kota Medan,” ungkapnya.

Maharani menjelaskan, perancangan motif busana Batik Medan dan Songket Deli dibantu Kepala Sekolah SMK Negeri 8 Medan, Hidup Simanjuntak dan beberapa guru serta alumni. Motif Batik Medan yang dihasilkan menonjolkan ikon Kota Medan, seperti becak, Istana Maimun, Mesjid Raya, Rumah Tjong A Fie, PDAM Tirtanadi, daun tembakau Deli, dan bunga raya.

Sedangkan Songket Deli menampilkan motif daun tembakau Deli, bunga tanjung, motif ulam raja, motif mawar, Istana Maimun, bunga tembakau, durian Medan, bunga bangkai, bunga kopo, bunga kol, dan bunga kangkung.

Walikota Medan, Tengku Dzulmi Eldin dalam sambutannya mengatakan, promosi harus gencar dilakukan disertai inovasi sehingga menghasilkan produk lokal yang berkualitas. Dia berharap, Dekranasda dapat menunjang ekonomi kreatif yang kini tengah marak digalakkan, khususnya dalam menghadapi persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Saya berharap dengan adanya gedung baru ini, semakin merangsang pengrajin Medan dalam mengembangkan inovasi dan berkarya,” katanya.

Grand opening Maharani galeri Batik Medan dan Songket Deli, harap Eldin, dapat memberikan warna baru dalam bisnis garmen Kota Medan dengan mengangkat nilai-nilai tradisi Melayu.

“Insya Allah kehadiran Dekranasda dan Maharani Galeri ini menajdi motivasi bagi perancang-perancang lain dalam mengembangkan diri dan berinovasi menciptakan desain batik dan songket baru yang dapat menunjang kekayaan khas Kota Medan,” harapnya.

Sementara, pengamat seni Zaufi Lubis memuji langkah berani Maharani Eldin dengan meluncurkan busana khas Kota Medan.

“Ini kan sesuatu yang baru,. Batik Medan dan Songket Deli. Semoga ini dapat menjadi salah satu yang mengingatkan warga Indonesia maupun dunia pada kota ini,” ucap Zaufi. (ajvg)

Foto: Ketua Dekranasda Kota Medan, Rita Maharani Dzulmi Eldin berpose dengan keluarganya di depan Maharani Galeri Batik Medan dan Songket Deli di Jalan Rotan Medan yang diresmikan Senin (8/8/2016). (www.pemkomedan.go.id)

News Feed