oleh

Mantan Gubernur Marah Halim Meninggal Dunia

Medan, BatakToday-

Gubernur Sumut periode 1967-1978 Marah Halim Harahap meninggal dunia Kamis (3/12) pukul 07.30 WIB. Tokoh masyarakat Sumut kelahiran Tabusira, Tapanuli Selatan, 28 Februari 1921 ini menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 92 tahun. Informasi yang beredar, almarhum pagi hari tadi masih sempat berjemur di teras rumah.

Sejumlah tokoh di Sumut langsung menyampaikan ungkapan belasungkawa dengan hadir melayat di rumah duka Jl STM/Jl Sakti Lubis Medan.

Marah Halim adalah sosok yang berpengaruh dan dihormati di Sumut karena jasa-jasa dan pengabdiannya, serta kebersahajaannya.

Menurut Muhsin Pohan (50), cucu almarhum, sang penggagas kejuaraan Marahalim Cup ini pernah ditawarkan menjadi salah satu menteri. Peristiwa itu ketika Marah Halim tidak menjabat Gubernur lagi. ‪Namun almarhum meminta untuk menjabat Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog), namun Presiden tidak mengabulkan, karena posisi tersebut telah ada yang menempati.

Kemudian, Presiden menawarkan jabatan lain seperti Kepala Bea dan Cukai atau menteri, namun Marah Halim menolak jabatan tersebut.

‪”Saya lupa Presiden menawari jadi menteri apa, tetapi beliau tidak mau jadi menteri”.

Tahun lalu, lanjutnya, kakeknya mengatakan, jika ingin melanjutkan Marahalim Cup silahkan saja.

“Begitu pesannya, silahkan saja jika mau dilanjutkan,” ujarnya.

Diantara pelayat, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Musa Rajek Shah alias Ijek mengatakan, meski ia tidak hobi sepak bola, namun saat mendengar Mara Halim meninggal, ia langsung ingat Marahalim Cup.

‪”Sampai sebegitunya Marahalim Cup tersebut, saya dahulu masih kecil. Saat ini Marahalim cup tersebut mau diselenggarakan lagi oleh Yayasan Marahalim, saya mendukung,” katanya.

Rencananya, jenazah Marah Halim Harahap akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jl Sisingamangaraja Medan, Kamis sore setelah salat azhar. (AFR)

Foto: Muhsin Pohan (50) cucu almarhum saat menunjukkan foto kakeknya Marah Halim Harahap semasa hidupnya di rumah duka, Kamis (3/12). (bataktoday/afr)

News Feed