oleh

Membangun Sinergitas Melalui North Sumatra Tourism Community Day

Medan, BatakToday

North Sumatra Tourism Community Day (NSTCD) 2017 akan digelar dalam waktu dekat, bersamaan dengan hari libur Sabtu Minggu, 28-29 Januari 2017, di Kawasan Wisata Mangrove Sei Nagalawan, yang terletak di di Desa Muara Maimbai, Kecamatan Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kegiatan yang mengambil tema Diversity, Tourism dan Empowerment, ditargetkan untuk diikuti 300 peserta, baik komunitas, traveler, maupun penggiat pariwisata yang berasal dari seluruh Sumatera Utara.

nstcd

Event NSTCD 2017 ini dihelat sebagai wujud satu kesatuan utuh dalam industri pariwisata, dengan menekankan bahwa Tourism For All, dengan tetap memperhatikan aspek responsible tourism, mengingat pariwisata telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kebutuhan hidup kebanyakan orang.

Pantai kawasan wisata mangrove Sei Nagalawan (doc. Nova Anggreina)
Pantai kawasan wisata mangrove Sei Nagalawan (doc. Nova Anggreina)

Tujuan kegiatan ini untuk mewujudkan sinergitas traveler, komunitas dan penggiat pariwisata. Kemudian, meningkatkan silaturahim dan rasa kekeluargaan. Serta mengembangkan nilai positif akan tourism responsible melalui ajang Community & Media Award.

Konsep event dirancang secara kreatif dan akan melibatkan setiap participant melalui beberapa sub event yang sudah dipersiapkan. Selain itu, NSTCSD menghadirkan pembicara (flash talk) kompeten yang diharapkan mampu mendorong dan menumbuhkan semangat dan sinergitas kawula muda untuk bergerak di Industri Pariwisata. Panitia NSTCD berharap event yang pertama kali diadakan ini akan berlanjut di tahun-tahun selanjutnya.

Garis besar kegiatan

Tourism Digital Campaign, yaitu kegiatan yang dinamakan “100 Danau Toba” dengan mengupload foto-foto tentang Danau Toba di media sosial dengan tagar  #100danautoba dan Online Vote Community Award. Kegiatan yang satu ini dimulai sejak Oktober hingga Desember 2016 lalu.

Mereka yang pernah 'beraksi' di pantai Mangrove Sei Nagalawan (doc. Akhirul Umri Ritonga)
Mereka yang pernah ‘beraksi’ di pantai Mangrove Sei Nagalawan (doc. Akhirul Umri Ritonga)

Kemudian, Community Day-nya sendiri akan diadakan pada tanggal 28-29 Januari 2017, mengambil tempat di Kawasan Wisata Mangrove Sei Nagalawan, seperti telah disebutkan sebelumnya.

Hutan Mangrove Sei Nagalawan (doc. Antonius Naibaho)
Hutan Mangrove Sei Nagalawan (doc. Antonius Naibaho)

Acara dan kegiatan dalam Community Day ini, pada hari pertama, Sabtu 28 Januari 2017, diawali dengan acara Opening NSTCD, dan diisi dengan kegiatan dan acara berikut, yaitu 100 Camp Ground, 100 Lampion Night, Flash Talk Tentang Industri Pariwisata, Community Introductory, Community Award, serta Community Achievement.

Pada hari kedua, hari Minggu keesokan harinya ada Games & Entertainment, yang diakhiri dengan acara Closing NSTCD.

Suasana pantai kawasan wisata Mangrove Sei Nagalawan (doc. Akhirul Umri Ritonga)
Suasana pantai kawasan wisata Mangrove Sei Nagalawan (doc. Akhirul Umri Ritonga)

Kegiatan ini tidak hanya terbatas untuk komunitas namun juga untuk umum, bagi yang ingin ikut serta berpartisipasi dapat melakukan pendaftaran melalui kontak panitia resmi sebagai Pelaksana Event, yaitu pariwisataSUMUT.Net, Medan Jalan Jalan, dan travelingMEDAN.com.

Jalan-jalan ke kawasan wisata Mangrove Sei Nagalawan (doc. Lenny Kristin Pasaribu)
Jalan-jalan ke kawasan wisata Mangrove Sei Nagalawan (doc. Lenny Kristin Pasaribu)

Keterangan lebih lanjut tentang informasi, pendaftaran dan sponsorhip dapat menghubungi panitia melalui telepon dan Whatsapp, di nomor 082368184271 – 082368538959 – 085658080343. Untuk medsos Line: @qdu3758f, dan Email: northsumatratcd@gmail.com. Atau melalui sosial media: instagram,facebook dan twitter: northsumatratcd. (rel/ajvg)

100 Night Camp (ist)
100 Night Camp (ist)

#northsumatratcd #pariwisata #PariwisataSumut #tourism #travel #traveling #explore #pesonaindonesia #wanderlust #wander #nstcd #bataktoday

News Feed