oleh

MENANAM KEBAIKAN (Pohon Kehidupan)

Pesan dari Rumah Belajar Sianjur Mula Mula

Menjaga kelestarian alam sekitar adalah tugas kita bersama sebagai mahluk yang diberkahi oleh Sang Pencipta untuk hidup di alam ini.

Beranjak dari hal tersebut Rumah Belajar Sianjur Mula Mula bersama Komunitas Mahasiswa melakukan sebuah agenda program “Menanam Kebaikan” demi menjaga keutuhan alam sekitar.

Kampung Hutabalian berada di lereng gunung yang cukup terjal. Tetapi, kurangnya pepohonan yang tumbuh untuk menopang serta mengikat tanah di sepanjang lereng, membuat Hutabalian menjadi tempat yang rawan ditimpa bencana. Sehingga merupakan tugas kita bersama untuk mencegahnya sedini mungkin, dengan menanami pepohonan di lereng terjal ini.

Pada hari Sabtu, 1 April 2017, Rumah Belajar Sianjur Mula Mula bersama Solidaritas Mahasiswa Peduli Lingkungan (SIMPEL) melakukan sebuah kegiatan pelestarian lingkungan dengan menanam pohon sebanyak 50 Batang , dari jenis kayu ”pinus sebagai langkah pertama. Nantinya kegiatan ini akan berlanjut, dan harapan ke depan semakin banyak komunitas atau pun perorangan yang menyempatkan waktu untuk berbagi dan menanam pohon bersama adek-adek Rumah Belajar Sianjur Mula Mula di Hutabalian-Sianjur Mula Mula.

Kegiatan menanam pohon kali ini diawali dengan pemberian materi tentang arti dan pentingnya Pohon dalam kehidupan. Dilanjutkan dengan doa dan  ritual Adat (Mambaen parsantabian tu habonaran ni luat nang pasahat boras si pir ni tondi) oleh penatua, sekaligus menanam pohon pertama.

Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon secara bergantian oleh adekadek siswa Rumah Belajar Sianjur Mula Mula yang dipandu oleh kawan-kawan dari Komunitas SIMPEL, dengan ‘diwarnai’ dengan Ratapan seruling  yang dibawakan oleh adek  kita “Boncel Valentino Sagala”, siswa Rumah Belajar Sianjur Mula Mula.

Memberikan pemahaman serta pelajaran kepada adekadek siswa Rumah Belajar Sianjur Mula Mula tentang arti dan pentingnya pohon dalam kehidupan, sejak usia dini, merupakan satu langkah yang harus kita teladani agar kelak mereka menjadi generasi yang mengambil peran penting dalam menjaga keharmonisan hubungan antara Manusia dan Lingkungan-nya.

Menjaga, merawat, dan melestarikan lingkungan adalah tugas kita bersama. Mari bangkit bersatu dan bergerak serta bergegas untuk menanam pohon disekitar kita.

Satu Pohon yang kita tanam sangat berarti untuk kehidupan kita saat ini dan generasi yang akan datang.

Keluarga Besar Rumah Belajar Sianjur Mula Mula mengucapkan terima kasih kepada Komunitas “SIMPEL” Medan, atas waktu dan kesempatan yang baik untuk kita bersama, dalam membangun sebuah pengalaman serta pelajaran yang sangat bermakna. Menjadi sesuatu yang sangat tak ternilai bagi adek adek kita di Rumah Belajar Sianjur Mula Mula, demi terwujudnya Generasi Bangsa yang berwawasan lingkungan, dalam menjaga, merawat serta melestarikan Lingkungan Hidup.

“Sinuan Bulu Umbahen na LAS, Sinuan Hau Umbahen Nadenggan”

“Semua Orang Itu Guru, Alam Raya Sekolahku”

HORAS…HORAS…HORAS…!

Album: “Pesan Tanpa Kata dari Rumah Belajar Sianjur Mula Mula”

MENANAM KEBAIKAN 1

MENANAM KEBAIKAN 2MENANAM KEBAIKAN 3MENANAM KEBAIKAN 4MENANAM KEBAIKAN 5MENANAM KEBAIKAN 7MENANAM KEBAIKAN 8MENANAM KEBAIKAN 9MENANAM KEBAIKAN 10MENANAM KEBAIKAN 11MENANAM KEBAIKAN 12MENANAM KEBAIKAN 13MENANAM KEBAIKAN 14MENANAM KEBAIKAN 15MENANAM KEBAIKAN 16MENANAM KEBAIKAN 17MENANAM KEBAIKAN 18MENANAM KEBAIKAN 19MENANAM KEBAIKAN 20MENANAM KEBAIKAN 21MENANAM KEBAIKAN 22MENANAM KEBAIKAN 23MENANAM KEBAIKAN 24MENANAM KEBAIKAN 25

Rumah Belajar Sianjur Mula Mula

Solidaritas Mahasiswa Peduli Lingkungan (SIMPEL)-Medan

Sumber: Rumah Belajar Sianjur Mula Mula

Editor: Arif JV Girsang

News Feed