oleh

Menpar Arief Yahya: Atraksi Air dan Manajemen Danau Toba akan Adopsi Model Xi Hu

Jakarta, BatakToday –

Untuk memajukan pariwisata Danau Toba di Sumatera Utara, pemerintah berencana untuk mengadakan atraksi kelas dunia seperti pertunjukan di atas air, serta meningkatkan pengelolaan danau. Untuk percepatan pelaksanaannya, pemerintah berencana untuk mengadopsi model atraksi dan manajemen pengelolaan Danau Xi Hu, Hangzhou, Tiongkok.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya melalui siaran persnya, Sabtu (26/11/2016).

“Kita sudah ke sana pada 10-13 Oktober lalu dan pemerintahan Hang Zou akan mengunjungi Danau Toba. Jadi nanti mereka akan membuat namanya sister lake (danau kembar) antara Danau Xi Hu dengan Danau Toba,” ujar Arief Yahya.

Arief mengatakan, Presiden Joko Widodo jatuh cinta dengan Hang Zou, ketika kepala negara menghadiri KTT G-20 awal Semptember lalu. Bahkan, Jokowi mengakui bahwa pemerintah Hangzou luar biasa dalam mengelola atraksi di danau itu.

“Ujungnya, mereka akan datang awal tahun 2017,” tutur Arief.

Arief mengungkapkan, pemerintah akan melakukan kerjasama secara tidak langsung dengan Hang Zou, yakni mencontoh seni pertunjukan di atas air menggunakan lighting dan mengadopsi manajemen pengelolaan Danau Toba.

“Secara langsung tidak, yang kita tertarik itu hanya untuk seni pertunjukan. Memang dulu kita ditawarkan kalau Anda berminat membuat seni pertunjukkan. Karena di sana sudah sangat advice, bisa kita contoh. Kamu membayangkan ada orang performance di atas air menggunakan lighting di atas danau bagus. Itu yang mungkin akan kita ambil,” terang Arief.

Menteri Arief juga mengungkapkan ketertarikannya terhadap manajemen pengelolaan Danau Xi Hu yang dinilainya sangat bagus dan efektif.

“Di sana itu dibentuk manajemennya. Memang beruntung karena hanya di satu wali kota. Kalau (Danau) Toba ada 7 bupati, kita akan mencontoh dalam segi memenej pengelolaan Danau Toba tersebut,” katanya.

Sebelumnya, rombongan Presiden Joko Widodo berkunjung ke G-20 Summit 4-5 September 2016 lalu yang digelar di Hangzhou, Zhejiang. Kota Danau yang dikelilingi pegunungan dan pepohonan hijau tersebut menyuguhkan banyak atraksi pariwisata yang menyedot perhatian publik.

Tahun 2015, danau yang juga dikenal dengan sebutan West Lake atau Xi Hu itu didatangi 120 juta wisatawan domestik, dan 3 juta wisatawan asing.

Di tengah kesibukan KTT G-20, Presiden Jokowi mengamati detail atraksi di danau itu. Mulai dari manajemen kawasan, infrastruktur, naik kapal berkeliling, sampai nonton show Impression West Lake yang dikreasi oleh Zhang Yimou.

Selanjutnya, Menteri Pariwisata Arief Yahya juga membawa Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dan 3 Bupati serta 4 Perwakilan Bupati kawasan Danau Toba melakukan kunjungan ke Danau Xi Hu, Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Tiongkok, pada 12 Oktober 2016 lalu. (Phil/rel)

News Feed