oleh

Menpora: Gala Desa 2018 untuk Menjaring dan Mengembangkan Talenta Muda

Jakarta, BatakToday –

Menteri Pemuda dan Olahraga (menpora) Imam Nahrawi berharap Gala Desa 2018 benar-benar memiliki dampak untuk mengembangkan olahraga di daerah, khususnya untuk menjaring dan mengembangkan talenta-talenta muda.

“Kita ini negara begitu besar dengan talenta-talenta  anak yang  hebat dan dengan  mimpi mimpi besar dengan segala  keterbatasannya. Tetapi kalau kita berhasil menjadikan Gala Desa ini sebagai sebuah wadah untuk mengembangkan bakat mereka, maka kita tidak akan kekurangan stok talenta-talenta yang akan mengharumkan nama Indonesia,” kata Nahrawi saat menghadiri  Launching Gala Desa dan Bedah Buku Gala Desa Menuju Dunia di Hotel  Kartika Chandra, Selasa (7/8) sore.

Di depan perwakilan 136 kabupaten/kota,  Menpora menilai acara launhcing Gala desa 2018 cukup bagus dan spektakuler.

“Terima kasih atas acara yang spektakuler ini. Desain panggungnya menunjukkan ada enam cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Gala Desa, bagus banget. Hari ini kita bertemu untuk menyiapkan Gala Desa di 136 kabupaten/kota betul-betul lebih semarak, lebih nendang, lebih ngefek dan lebih memotivasi para atlet kita untuk bermimpi menjadi juara dunia,” ujarnya.

Buku Gala Desa Menuju Dunia ini, lanjutnya, merupakan perjalanan Gala Desa selama 2017. Buku ini merupakan  dokumentasi penting bagi  generasi muda di masa masa yang akan datang.

“Dan ini penting sebagai saksi sejarah karenanya saya minta semua kegiatan kita harus menghasilkan buku,” jelasnya.

Menurutnya, buku ini akan dibaca oleh anak-anak kita, khususnya anak-anak kita yang berlaga pada gala desa. Buku ini diharapkan dapat mendorong mereka pada motivasi  yang besar yang tidak hanya juara di gala desa tapi juga nanti di Porprov, SEA Games, Asian Games bahkan Olimpiade. Di sinilah memulai sesuatu pengawalan terhadap talenta-talenta muda.

Sementara Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyampaikan bahwa, gala desa 2017 mendapat sambutan  positif dari daerah. Aspirasi dari daerah tersebut mendorong pihaknya untuk menggelar gala desa secara berkesinambungan.

Ditambahkan, Gala Desa 2018 masih tetap diikuti 136 kabupaten/kota, dan cabang olahraga masih sama yaitu 6 untuk merebutkan Piala Menpora.

“Dan selanjutnya akan diikuti oleh kabupaten-kabupaten lain secara serentak dan kami harapkan ini berlangsung setiap minggu,” katanya.

Kick-off Gala Desa 2018 akan dilakukan pada hari Sabtu (11/8)  di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo dan secara serentak di 136 kabupaten/kota di Indonesia. Sebanyak 6 cabang olahraga akan dipertandingkan dalam ajang ini, yakni Sepakbola, Sepak Takraw, Tenis Meja, Bola Voli, Bulutangkis, dan Atletik.

Hadir dalam acara tersebut Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo, Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra dan Sekolah Khusus Olahraga Bambang Laksono, dan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Alman Hudri, Staf Khusus Olahraga Tomy Kurniawan. (rep/Phil)

News Feed