oleh

Menteri KLH Panggil Dirjen Terkait Pembongkaran Makam di Janji Mauli

Jakarta, BatakToday

Perwakilan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Wilayah Tano Batak, serangkaian dengan kunjungan ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo, juga berkesempatan melakukan diskusi dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Rabu (22/03/2017).

Dalam kesempatan tersebut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, menyampaikan dalam waktu dekat akan kembali menyerahkan SK Adendum untuk 6 komunitas adat di Tano Batak.

Selain itu, Masyarakat Adat Janji Mauli, dalam kesempatan diskusi dengan Menteri LHK ini juga menyampaikan hal-hal yang terkait pembongkaran paksa makam di desanya oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan

Diketahui sebelumnya pada tanggal 19 Mei 2016 lalu, telah terjadi peristiwa pembongkaran paksa makam leluhur, kerabat, dan keluarga masyarakat Desa Janjimauli, Kecamatan Sipirok, yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan. Pembongkaran saat itu dilakukan Satpol PP Tapanuli Selatan, dengan dikawal oleh TNI dan Polri.

Perwakilan AMAN Tano Batak bersama Sekjen AMAN Rukka Sombolinggi, saat kunjungan ke Istana Negara, Jakarta 22-03-2017 (roganda simanjuntak)
Perwakilan AMAN Tano Batak bersama Sekjen AMAN Rukka Sombolinggi, saat kunjungan ke Istana Negara, Jakarta 22-03-2017 (roganda simanjuntak)

Dalam acara dialog dengan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, di acara pembukaan Kongres Masyarakat Adat Ke-V, Jumat 17 Maret 2017 lalu, tindakan yang telah melukai hati Masyarakat Janji Mauli ini telah disampaikan oleh Jhontoni Tarihoran, mewakili Barisan Pemuda Adat Nusantara.

Siti Nurbaya berjanji akan memanggil Dirjen  dan para pihak yang terkait, untuk penyelesaian kasus pembongkaran paksa makam tersebut.

Dalam relis yang diterima BatakToday disebutkan, AMAN Tano Batak dalam kunjungan ke Istana Negara diwakili oleh Pariang Simanjuntak dan Ahmad Simanjuntak (Komunitas Adat Pomparan Op. Ronggur Simanjuntak, Kabupaten Tapanuli Utara), Bangun Simorangkir (Komunitas Janji Mauli, Kabupaten Tapanuli Selatan), Hotman Siagian (Huta Matio, Kabupaten Toba Samosir), dan Ketua AMAN Tano Batak Roganda Simanjuntak. (rel/ajvg)

News Feed