Mubes IWO I: Membangun Peradaban di Dunia Online

Mubes IWO I: Membangun Peradaban di Dunia Online

90
Mubes IWO I, Hotel Puri Mega, Jakarta, Jumat 8/9/2017 (Foto: Elisbet Purba)

Jakarta, BatakToday

Media Online telah menjadi fenomenal, dengan maraknya pengguna setiap saat.

Menurut salah satu pembicara Samuel Abrijani Pangerapan, Jumat (8/9) Jam 15.00 Wib bertempat di Hotel Mega Puri, saat ini manusia sedang mengalami transisi ke dunia digital.

“Dalam hal itu orang-orang yang bersifat analog, mau tidak mau harus berpindah,” ujarnya dalam pembukaan Musyawarah Bersama I Ikatan Wartawan Online.

Sambung Dosen Erlangga ini, bahwa hoax semakin sering digunakan untuk membenarkan kepentingan politik.

“Fenomena hoax saat ini makin marak, karena masih jelas marketnya. Dan kita berharap juga IWO mampu memberantas isu Hoax” ujarnya.

Menurutnya, keberadaan Ikatan Wartawan Online (IWO) sebagai organisasi profesi wartawan online berketetapan turut membangun peradaban di Era Digital ini dengan jalan menyampaikan fakta dan menjauhkan dari kabar bohong, fitnah dan hoax.

“Keberadaan media sebagai sumber informasi tentunya amat penting peranannya dalam menyampaikan informasi yang utuh. Dan IWO sebagai pekerja media tentunya ingin menjadi bagian dalam menghindarkan masyarakat dari kabar bohong” terangnya.

Kehadiran dan pertumbuhan media seperti jamur, merupakan angin segar bagi semua pihak.

“Setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan dan menyebarkan informasi, kapanpun dan dimanapun. Namun demikian tentunya mesti dibatasi dengan norma-norma moral dan nilai-nilai kebangsaan dan kebudayaan kita” tuturnya. (rel)