oleh

November, Menristek Dikti Tinjau Persiapan Pendirian PTN di Nias

Jakarta, BatakToday –

Menindaklanjuti proposal pendirian universitas negeri oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias, tim Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) akan melakukan survei lapangan pada Oktober 2016. Selanjutnya Menristek Dikti Mohamad Nasir akan berkunjung ke Nias pada minggu ke-3 November 2016 untuk meninjau langsung rencana lokasi universitas negeri yang telah disiapkan Pemkab Nias.

Hal itu diungkapkan Menristek Dikti Mohamad Nasir saat menerima kunjungan Bupati Nias Sokhiatulo Laoli didampingi Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Nias Yosafati Waruwu di ruang rapat Menristek Dikti, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Sebelumnya, Bupati Nias memaparkan kebutuhan masyarakat Kepulauan Nias akan universitas negeri. Untuk merespon kebutuhan tersebut, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas 30 hektar yang telah bersertifikat sesuai persyaratan yang ditetapkan Kemenristek Dikti. Ia berharap, proposal pendirian universitas negeri yang telah diajukan pada 2015 lalu dapat segera ditindaklanjuti.

Didampingi Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo, Menteri M Nasir meminta agar luas lahan yang tersedia saat ini dapat ditingkatkan lagi. Ia juga menyarankan agar perguruan tinggi yang akan didirikan berbasis politeknik, karena perizinannya lebih mudah dibandingkan dengan pendirian universitas negeri. (AndriW/rel)

News Feed