Orang di Tikungan Jalan, “Milik” Siapa?

Orang di Tikungan Jalan, “Milik” Siapa?

873
Seorang lelaki 'tidur' di tepi jalan, "Tekongan Manis" Jalan Siantar-Parapat Km 7, Pematangsiantar, Senin 21/8/2017 (Foto: Arif JV Girsang)

Pematangsiantar, Bataktoday

“Berikan kepadaku mereka yang lelah dan papa
Yang terbelenggu dan mendambakan kebebasan
Yang terbanting ke pantaimu, berimpitan lemas
Beri aku para gelandangan, dan yang terhempas
Akan kunyalakan pelitaku di sisi gerbang emas”
― Emma Lazarus

Lalu lalang kendaraan yang melintas sepertinya tidak mempengaruhi ‘tidur siang’ seorang lelaki yang terbaring di tepi jalan menikung sekitar jembatan Bah Biak, “Tekongan Manis” Jalan Siantar-Parapat Km7, Kecamatan Siantar Marimbun, Kota Pematangsiantar, Senin (21/8/2017).

Semula, BatakToday mengira lelaki itu adalah korban kecelakaan tabrak lari, dan tidak ada yang menolong. Saat semakin dekat, lelaki itu ‘terbangun’ dan menopang kepalanya dengan tangan, memandang lalu lalang kendaraan yang melintas siang itu.

Lelaki itu 'tidur' seolah tak menghiraukan kendaraan yang melintas (Foto: Arif JV Girsang)
Lelaki itu ‘tidur’ seolah tak menghiraukan kendaraan yang melintas (Foto: Arif JV Girsang)

Dari keterangan salah seorang warga yang tinggal berdekatan dengan ‘tkp’, kemudian menyebutkan bahwa lelaki itu telah 2 minggu terakhir berlalu-lalang di sekitar daerah itu, dan kerap ‘tiduran’ di tikungan tersebut.

Belum diketahui apakah lelaki tersebut seorang gelandangan, atau orang dengan gangguan kejiwaan (ODGK), namun warga yang dijumpai saat itu menyebutkan harapannya agar pihak terkait menaruh perhatian atas kondisi lelaki, yang menurutnya tidak pernah mengganggu orang-orang yang melintas.

Lelaki itu menopang kepala dengan tangan, memandangi kendaraan yang lalu-lalang di depannya (Foto: Arif JV Girsang)
Lelaki itu menopang kepala dengan tangan, memandangi kendaraan yang lalu-lalang di depannya (Foto: Arif JV Girsang)

“Kita tidak tahu lae, orang sakit jiwa atau gelandangan, tapi dia tidak pernah mengganggu orang-orang yang lewat. Ya kadang kalau pas lewat muka rumah ini, kita berikan juga lah makanan. Sudah 2 minggu ini dia lewat-lewat sekitar sini, dan sering tidur-tidur di tikungan situ. Maunya adalah yang mengurus atau menangani, dari pemerintah atau dari mana lah. Kasihan, kan manusia juga,” ujarnya prihatin. (ajvg)