oleh

PABONA Bantu Perlengkapan Sekolah untuk Memajukan Pendidikan Tobasa

Balige, BatakToday-

Pardede dohot Boruna (PABONA) Indonesia dari Jakarta, memberikan bantuan perlengkapan alat-alat sekolah kepada dua unit SD HKBP di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, guna memajukan dunia pendidikan di daerah yang terletak di pinggir danau Toba tersebut.

“Bantuan peralatan sekolah berupa buku tulis dan perlengkapan alat olahraga itu diberikan sebagai bentuk keperdulian dan dukungan untuk memajukan dunia pendidikan di bona pasogit,” kata Koordinator Panitia Kunjungan Home Coming Day PABONA, Tengku Idris Pardede di Balige, Kamis (14/10).

PABONA, terang Tengku Idris, merupakan perkumpulan marga Pardede dari keturunan Raja Sonakmalela yang lahir dari kesepakatan bersama untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dalam berbagai kegiatan sosial.

Tengku Idris berharap, perlengkapan sekolah yang mereka berikan dapat membantu memenuhi ketersediaan peralatan untuk dipergunakan murid yang membutuhkan dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah yang terletak di pusat kota Balige tersebut.

Dijelaskannya, kegiatan yang mereka selenggarakan selama enam hari (14 hingga 19 Oktober 2015) itu merupakan wujud keperdulian terhadap perbaikan kualitas pendidikan di bona pasogit (kampung halaman, red), sekaligus diharapkan dapat menggerakkan lebih banyak masyarakat agar lebih perduli dan berperan aktif dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan bangsa.

Selain memberikan bantuan peralatan sekolah, PABONA mengemas kunjungan tersebut dalam acara “marsihol-sihol tu bona pasogit” dengan melakukan serangkaian kegiatan lain, diantaranya aksi penanaman pohon di pinggiran danau Toba.

Di samping itu, kata Tengku, pihaknya juga membagikan bibit ternak kepada 20 keluarga serta benih ikan dan bibit palawija kepada dua kelompok tani di kelurahan Pardede Kecamatan Balige.

Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Jakarta itu menambahkan, acara kumpul bersama bertajuk “Pasombu Sihol” (temu kangen) antara PABONA Jakarta dengan keluarga Pardede yang digelar di Hotel Nabasa itu juga diisi dengan kegiatan diskusi guna memberdayakan sumber daya manusia, khususnya warga Pardede dalam percepatan pembangunan.

“Semua kegiatan yang kami lakukan, dalam upaya menumbuhkan kecintaan para anggota PABONA terhadap kemajuan dunia pendidikan dan pelestarian lingkungan serta optimalisasi produksi pertanian dari daerah ini,” kata Tengku.

Pemberian bantuan perlengkapan sekolah dan bibit pertanian atas kerjasama dengan pihak PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), dihadiri Asisten Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Toba Samosir, Eston Sihotang, Camat Balige Sahala Siahaan, dan beberapa pimpinan SKPD serta sejumlah undangan.

Eston menyebutkan, pihaknya sangat mengapresiasi kehadiran PABONA yang telah menunjukklan keperdulian bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Toba Samosir melalui pemberian bantuan perlengkapan sekolah dan bibit pertanian,

“Kami berharap kerjasama seperti ini dapat lebih ditingkatkan pada masa mendatang,” sebut Eston. (r-an)

Keterangan foto :

Pengurus PABONA Jakarta menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah yang diterima Asisten Pembangunan Pemkab Toba Samosir, Eston Sihotang, di SD HKBP 2 Balige, Kabupaten Toba Samosir.

News Feed