oleh

Pakpak Bharat: Hari ini Puncak Pesta Budaya Oang-Oang

Salak, BatakToday

Kemeriahan Pesta Budaya Oang-oang di Kabupaten Pakpak Bharat yang menjadi salah satu rangkaian dari Calendar Event Pariwisata Danau Toba 2017 yang di-launching pada Maret lalu, telah dimulai. Beragam perlombaan bernuansa budaya tradisional Pakpak di gelar di Lapangan Napasengkut, Salak, pada Selasa (05/09).

Dalam tahap awal ini 8 kecamatan se-Kabupaten Pakpak Bharat mengikutsertakan tim, yang sebelumnya jadi pemenang di tingkat kecamatan, untuk mengikuti perlombaan Persinabul, yaitu sebuah kegiatan saling berbalasan dalam berbicara layaknya berbalas pantun yang sering digunakan dalam acara adat, serta Lomba Vocal Group dan Lomba Tari Kreasi Baru.

Hujan yang turun sesekali sampai berakhirnya acara di sore hari, tidak menurunkan semangat para peserta yang berlomba, termasuk para pengunjung yang bersorak-sorai mendukung kecamatannya masing-masing.

Wakil Bupati Pakpak Bharat, Ir. H. Maju Ilyas Padang tampak hadir dan menikmati perlombaan ini.

Beberapa perlombaan lain yang digelar untuk memeriahkan Pesta Oang-oang, adalah Musik Tradisional Kalondang, Nahu atau Cerdas Cermat khas Pakpak, dan Nder-nder atau lawak khas Pakpak.

Pesta Oang-oang yang dibuka secara resmi pada Rabu (6/9/2017), diisi beragam hiburan dan kegiatan adat. Puncaknya akan berlangsung hari ini, Kamis (7/9/2017), dengan berbagai atraksi dan hiburan, serta dimeriahkan dengan kegiatan karnaval yang melibatkan seluruh elemen di Kabupaten Pakpak Bharat.

Sumber: Bagian Humas Setda Kabupaten Pakpak Bharat

Editor: Arif JV Girsang

News Feed