oleh

Panwaslih: Seluruh Laporan Pelanggaran Pilkada Siantar Tidak Penuhi Syarat Materil

Pematangsiantar, BatakToday –

Komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Pematangsiantar, Ida Purba mengatakan, pihaknya telah memproses sebanyak 36 laporan dugaan pelanggaran selama tahapan Pilkada Susulan. Dari laporan tersebut, 17 diantaranya merupakan laporan dugaan perampokan surat undangan C6 yang dilakukan oleh pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Hulman Sitorus-Hefriansyah. Namun menurut Ida, seluruh laporan dugaan pelanggaran Pilkada yang telah diproses oleh Panwaslih, tidak memenuhi persyaratan material.

“Empat laporan yang kita terima merupakan dugaan politik uang yang dilakukan oleh paslon Hulman-Hefriansah. Dimana pelapor menduga kuat, paslon nomor urut 2 menukar C6 dengan uang 100 ribu sampai 300 ribu,” kata Ida saat ditemui di Kantor Panwaslih, Jalan Sanggar, Rabu (30/11/2016).

Diungkapkannya, pada prinsipnya laporan dugaan perampokan C6 oleh paslon Hulman-Hefiransah sudah memenuhi syarat formal karena sesuai ketentuan, laporan disampaikan maksimal 7 hari setelah kejadian.

“Pihak yang melaporkan, waktu pelaporan, dan keabsahan pelaporan pelanggaran, awalnya sudah dipenuhi pelapor,” ungkapnya.

Ida menjelaskan, sesuai aturan Panwaslih harus menindaklanjuti laporan maksimal 5 hari setelah diterima. Akan tetapi,  terang Ida, pada saat laporan diproses, pelapor sama sekali tidak memenuhi persyaratan material.

“Pelapor tidak bisa membuktikan identitas, nama dan alamat, peristiwa kejadian, waktu dan tempat kejadian, saksi-saksi yang mengetahui peristiwa tersebut, barang bukti yang mungkin diperoleh, dan cara mendapatkan barang bukti yang diserahkan. Artinya, Panwaslih menyimpulkan dugaan paslon Hulman-Hefriansyah menukar C6 dengan uang, tidak bisa dibuktikan oleh pelapor,” terang Ida.

Ida menambahkan, pihaknya telah mengumumkan semua hasil tindak lanjut laporan dugaan pelanggaran selama tahapan Pilkada Kantor Panwaslih.

“Tujuannya, agar pelapor dapat mengetaui hasil laporan yang sebelumnya disampaikan kepada Panwaslih,” ujarnya mengakhiri. (EM)

News Feed