oleh

Parlindungan Purba: Bandara Layak Dibangun di Labuhanbatu

Rantauprapat, BatakToday –

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Parlindungan Purba mendukung rencana pembangunan bandar udara (bandara) di Kabupaten Labuhanbatu. Hal itu diutarakan Parlindungan saat meninjau rencana lokasi bandara di Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu, Kamis (27/10/2016).

“Setelah saya lihat bahwa untuk pembangunan Bandara di Labuhanbatu yang berlokasi di Aek Nabara ini sudah layak dan tempatnya sangat strategis dan sudah mendapat dukungan dari Dinas Perhubungan Provinsi serta tercatat di Kementerian Perhubungan, tinggal menunggu surat pembebasan lahan dari BUMN dan hal ini sudah direncanakan tujuh tahun yang lalu,” ujar Parlindungan.

Selain lokasi bandara, dalam kunjungan kerjanya Parlindungan Purba juga meninjau rencana lokasi Jalan Lingkar Aek Riung dan Gardu Induk PLN Labuhanbilik. Turut mendampingi, Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap, Kepala Bappeda Hobol Zulkifli Rangkuti, Kadis Perhubungan Saipul, serta sejumlah Kepala SKPD.

“Kehadiran saya disini terkait dengan masalah kelistrikan dan jalan nasional dan saya sangat mengapresiasi Bupati Labuhanbatu yang mendukung pembangunan gardu induk di Labuhanbilik dan menyediakan hibah tanah”, kata Parlindungan.

Parlindungan berharap, masalah listrik di Labuhanbatu akan selesai pada tahun 2017, dan permintaan program listrik masuk desa yang diajukan Bupati dapat direalisasikan.   Ia juga meminta masyarakat mendukung pembangunan jalan lingkar Kota Rantauprapat.

“Mari kita dukung pembangunan jalan nasional sepanjang 9 km dari Sigambal atau jalan lingkar Kota Rantauprapat dengan cor beton yang baru selesai sepanjang 2 km, kurang 7 km lagi,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap meminta dukungan Parlindungan untuk mewujudkan pembangunan jaringan listrik ke Desa Selat Beting dan Sei Siarti yang hingga saat ini belum menikmati layanan PLN, dan peningkatan voltase listrik ke kawasan pesisir.

“Kemudian untuk masalah jalan lingkar Sigambal-Rantauprapat ini, saya mohon dapatlah di bangun lagi untuk tahun 2017 ini 1 km lagi, hal ini dimohonkan atas pertimbangan masalah ketahanan pangan,” jelas Pangonal.

Bupati Pangonal juga meminta dukungan Parlindungan untuk mewujudkan pembangunan bandara di Aek Nabara yang menurutnya sangat dibutuhkan masyarakat Labuhanbatu dan kebupaten sekitar.

“Saya berharap ini dapat diwujudkan di Labuhanbatu karena letak dan daerahnya sudah layak serta strategis. Untuk itu mohon kepada Pak Parlindungan Purba kiranya dapat menjembatani pembangunan bandara di Labuhanbatu segera terwujud,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Cabang PLN Rantauprapat Kibar Barus mengungkapkan, dalam rangka pembangunan gardu induk di Labuhanbilik, saat ini pihaknya sedang melakukan pembebasan 200 tapak tower.

“Hal ini tentu berkat kerjasama antara Pemerintah Kabupaten dengan pihak PLN sehingga mudah dan lancar, semua persiapan dari segi anggaran dan lainnya untuk pembangunan gardu induk di Labuhanbilik sudah siap jalan,” katanya. (CN)

News Feed