oleh

Parlindungan Purba: Indonesia Wajib Tata Ulang Aturan Investasi‬

Medan, BatakToday

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumatera Utara (Sumut) menilai, keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa akan membuat stabilitas ekonomi dan invetasi di Eropa menjadi semakin buruk. Namun,  kondisi itu akan berdampak positip terhadap Indonesia.

‪”Saya yakin akan berdampak positifnya ke Indonesia. Investasi akan keluar dari Uni Eropa. Investasi akan ke negara-negara berkembang, termasuk ke Asia. Jepang, Singapuran Thailand Filipina dan kita Indonesia,” kata Ketua Apindo Sumut, Parlindungan Purba, Minggu (26/6/2016).

‪Untuk dapat memanfaatkan momentum tersebut, pemerintah ‎perlu menata kembali aturan invetasi di dalam negeri.

‪”Selama ini paket kebijakan ekonomi pemerintah belum maksimal. Ini dikarenakan aturan di daerah yang tidak mendukung paket kebijakan ekonomi tersebut,” ujarnya.

‪Parlindungan mengaku mensupport keputusan untuk menghapuskan perda-perda penghambat investasi yang sudah direncanakan pemerintah. Namun, jumlah perda yang menghambat investasi yang berlaku masih terlalu banyak.

‪”Jika soal Infrastruktur, saya pikir sudah baik apa yang dilakukan pemerintah. Hanya saja, soal listrik dan gas. Kita berharap ini segera diselesaikan. Saya rasa tidak akan ada invetasi baru tanpa ketersediaan energi,” ungkapnya.

‪Ke depan pihaknya  berencana untuk bertemu dan berdiskusi dengan pemerintah dan kepala Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM) ‎guna memberikan masukan kepada pemerintah terkait kebijakan penataan aturan investasi tersebut.

‪”Rencananya habis lebaran kita adakan pertemuan dan diskusi. Kita harus cepat memanfaatkan momentum ini, agar memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional,” katanya. (AFR)

Foto:

Ilustrasi (sumber: bkpm.go.id)

News Feed