oleh

Pedagang Jalan Sutomo Kembali Tuntut Pemko Medan


Medan, BatakToday

Ratusan massa yang bergabung dengan kelompok massa pedagang Pasar Sutomo melakukan aksi blokir badan jalan di Jl Kapten Maulana Lubis tepat di depan Balai Kota Medan, Senin (30/5/2016). Mereka hendak menemui Wali Kota Medan Dzulmi Eldin untuk menyampaikan tuntutan atas kerugian yang dialami pedagang akibat kebijakan relokasi pedagang ke pusat pasar di Lau Cih.

Tidak kenal lelah, dengan mengerahkan sejumlah mobil pick-up, mereka menutup akses jalan tersebut sehingga pengendara yang hendak melintas terpaksa dialihkan ke Jl Imam Bonjol. Kemacetan parah pun terjadi di kawasan inti kota Medan. Bahkan terasa hingga ke sejumlah akses jalan protokol seperti Jl Brigjen Katamso, Jl S Parman, Jl Guru Patimpus dan yang lainnya.

“Kami tidak akan meninggalkan tempat ini, sebelum kami bertemu dengan Wali Kota Medan. Kepada kawan-kawan semua, mari kita tunggu sama-sama kedatangan Wali Kota untuk berjumpa dengan kita. Kami  datang kesini sebagai warga masyarakat yang taat membayar pajak, namun kita tidak diberikan kemudahan untuk mencari nafkah. Kami adalah pedagang yang telah lama berjualan di Pasar Sutomo, namun saat ini kami resah akibat selalu diusir Satpol PP jika berjualan di wilayah Jalan Sutomo,” ujar para pedagang dalam orasinya.

Mereka pun seakan tidak percaya ketika dikatakan Wali Kota tidak di kantornya saat itu.

“Tolong pak Kapolsek, turunkan Wali Kota Medan, kami tahu Wali Kota ada di dalam. Hanya dengan kepentingan oknum tertentu kami telah ditindas oleh Pemerintah. Kalau kami tidak ditanggapi kami akan menuju Bandara Kualanamu untuk berorasi di sana agar dunia tahu kami pedagang telah dizolimi,” ujar seorang pedagang dengan menggunakan pengeras suara.

Meski aksi ini berlangsung dengan pemblokiran akses jalan, tidak terjadi keributan yang mengakibatkan korban. Namun pedagang nampaknya kecewa terhadap kebijakan pemerintah yang melakukan penataan wajah kota di kawasan Jl Sutomo Medan yang selama ini menjadi tempat mereka berdagang.

Sementara itu, ketika hal ini ditanyakan kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan bahwa pihaknya meminta pedagang juga memahami tujuan penataan kota yang dilakukan oleh pihaknya.

“Kita hanya ingin melakukan penataan kota saja. Kita minta juga pengertian dari pedagang. Kita sudah siapkan tempat di Lau Cih, tapi mereka tidak mau ke sana,” ujarnya.

Eldin juga mengklaim pihaknya sudah cukup lama melakukan upaya persuasif.

“Kita sudah sangat persuasif, sudah berapa lama kita informasikan ini,” katanya seranya mengatakan penertiban dan penataan kota harus tetap dilakukan. (AFR)

Foto:

Pedagang yang biasa berjualan di kawasan Jalan Sutomo, ketika melakukan demonstrasi di depan Balai Kota Medan, Senin 30/5/2016 (afr/bataktoday)

News Feed