oleh

Pelayanan UPTD Metrologi Beralih ke Disperindag Kota Siantar

Pematangsiantar, BatakToday

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pematangsiantar, Mardenggan Sihombing mengatakan bahwa semua pelayanan di Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Badan Metrologi Kota Pematangsiantar sudah beralih ke pihak dinas kota. Dasar hukum Disperindag mengambil alih, disebutnya, Undang-Undang No. 23 tahun 2014, tentang pemerintahan daerah.

“Pelayanan tera, tera ulang, dan pengawasan kemetrologian adalah tugas disperindag kota,” kata Mardenggan saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat, (25/11).

Dijelaskannya, payung hukum pengalihan pelayanan metrologi adalah Surat Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Nomor: 110/PKTN/SD/10/2016, 5 Oktober 2016.  Oleh karena itu, pada tanggal 9 November  tahun 2016, Disperindag Siantar mengeluarkan surat pemberitahuan.

Dalam surat tersebut, diungkapkannya, semua pihak  pemilik alat ukur takar, timbang, perlengkapan yang membutuhkan tera, dan tera ulang, dihimbau mengajukan permohonan tertulis kepada Disperindag. Tujuannya,  untuk diteruskan ke Balai Standaradisasi Metrologi Legal (BSML) Kota Medan.

“Khusus pelayanannya, Disperindag belum dapat melaksanakan secara mandiri. Sehingga sementara ini,  permohonannya harus kita lanjutkan ke BSML Kota Medan,” jelas Mardenggan.

Mardenggan mengutarakan, saat ini peralihan UPTD Metrologi kepada Disperindag masih dalam tahap administrasi. Dia yakin, proses administrasi bakal selesai di bulan Desember tahun 2016.

“Tahun 2017, UPTD Badan Metrologi Siantar akan berada di Bidang Perlindungan dan Pembinaan Konsumen Disperindag. Jadi kami himbau kepada semua pihak terkait yang ingin mendapat pelayanan metrologi, agar datang ke kantor  Disperindag, Jalan Cempaka No.2,” ujarnya mengakhiri. (EM)

News Feed