oleh

Pemandian Alam Pulau Batu, Berawal dari Kolam Ikan

Pematangsiantar, BatakToday

Pulau Batu (Pulbat) yang kini dikenal sebagai pemandian alam, ternyata sebelumnya berawal dari kolam ikan. Hal ini diungkapkan pengelola Pulbat, Turtati, dipanggil Mak Bona, saat ditemui Sabtu,  (21/1/2017), sekitar pukul 10.00 Wib.

Pemandian yang terletak di Jalan Sibatubatu, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat Kota Pematang Siantar, biasa ramai dikunjungi wisatawan lokal, terutama di akhir pekan.

Mak Bona bercerita, tahun 2000 lalu dia bersama suaminya membuka kolam ikan. Selama mengelola kolam ikan, mereka melihat banyak warga sekitar mandi di sekitar umbul kolam. Akhirnya setelah panen ikan pertama, mereka memutuskan membuka pemandian alam yang diberi nama Pulau Batu.

“Waktu pertama buka kolam ikan, tiap hari rame kali yang mandi di sekitar umbul. Makanya habis panen ikan pertama, langsung kami buka lah pemandian alam ini. Kolam pemandiannya terbagi 2, untuk dewasa, dan anak-anak. Namanya Pulbat, karena banyak batu-batu besar di pemandian ini,” terangnya.

Pemandian alam Pulau Batu, terletak di Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, sekitar 2 kilometer dari pusat kota Pematangsiantar (bataktoday/em)
Pemandian alam Pulau Batu, terletak di Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, sekitar 2 kilometer dari pusat kota Pematangsiantar (bataktoday/em)

Selama hampir 17 tahun Pulbat dibuka, lanjut Turtati, sudah banyak warga kota Siantar maupun kabupaten Simalungun yag berkunjung menikmati pemandian alamnya. Menurutnya, pemandian alam Pulbat merupakan objek wisata murah meriah.

“Baru-baru buka Pulbat, tarif masuknya dulu cuma Rp 100. Lalu pelan-pelan kita naikkan tarifnya. Kalau sekarang tarif masuknya hanya Rp 2 ribu. Di sini ada juga kita jual makanan ringan untuk disantap habis mandi. Pokoknya murah meriah lah…,” ujar Mak Bona.

Ditambahkannya lagi, pengunjung Pulbat datang dari pelbagai kalangan dan biasanya ramai pada akhir pekan serta libur panjang.

“Mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua, banyak berkunjung ke Pulbat ini. Karena kolamnya ada ukuran anak-anak dan dewasa. Apalagi kalau hari Sabtu dan Minggu, lumayan ramailah pengunjung Pulbat,” ucapnya dengan wajah berhias senyum. (EM)

News Feed