oleh

Pembangunan Balige By Pass Dimulai Akhir 2016

Balige, BatakToday –

Pembangunan Jalan Balige By Pass sepanjang 10.1 kilometer dengan lebar 25 meter akan dimulai pada akhir tahun 2016. Pembangunan jalan tersebut mendesak dilakukan untuk mengurangi beban lalu lintas dalam Kota Balige yang kerap menimbulkan kemacetan dan mengganggu aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat kota dan pelintas.

Hal itu terungkap dalam rapat Tim Persiapan Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Balige By Pass di Balai Data Kantor Bupati, Selasa (11/10/2016), dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Audi Murphy SItorus.

“Tim diharapkan secara serius memberikan masukan, informasi terkait progres capaian tim dalam persiapan hingga akan terlaksanakannya pembangunan jalan Balige By Pass yang direncanakan dimulai akhir tahun 2016,” ujar Murphy.

Sementara Kepala Dinas PU Kabupaten Tobasa Bresman Simangunsong menjelaskan, rencana trase pembangunan Balige By Pass sepanjang 10,1 kilometer dimulai dari Desa Lumban Gaol, Desa Tambunan Sunge, Desa Baruara, Desa Hutabulu Mejan, Desa Hutagaol Peatalun, Desa Parsuratan, Desa Paindoan, Desa Lumban Gorat, Desa Sianipar Sihailhail/Sangkar Nihuta, Desa Hinalang, dan berakhir Desa Silalahi Pagar Batu.

Hadir dalam rapat, Asisten Pemerintahan Robert Gono, Asisten Pembangunan Jhon Piter Silalahi, beberapa pimpinan SKPD, para Kepala Desa lokasi pembangunan Balige By Pass, dan perwakilan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tobasa.

Untuk diketahui, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan (saat itu menjabat Menkopolhukam-red) saat menyampaikan kuliah umum di Kampus Sekolah Tinggi Teologia (STT) HKBP Nommensen Pematangsiantar, Senin (25/7/2016) lalu mengungkapkan, di Balige Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) akan dibangun Outer Ring Road (jalan lingkar). Langkah itu dilakukan untuk mengurangi jumlah kendaraan yang melintasi pusat Kota Balige serta menopang penataan kota. (baca juga: https://bataktoday.com/luhut-panjaitan-outer-ring-road-kota-balige-akan-dibangun). (kaag/rel)

News Feed