oleh

Pemko Bongkar Bangunan Liar Simpang Rambung Merah

Pematangsiantar, BatakToday

Tim Penegak Peraturan Daerah (TPPD) Pemerintah Kota Pematangsiantar kembali melakukan pembongkaran bangunan liar. Bangunan yang dibongkar kali ini terletak di Simpang Rambung Merah, Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur, Kamis (13/10).

Tiba di lokasi sekitar pukul 09.00 WIB, TPPD terlebih dahulu melakukan pendekatan. Walau sempat mendapat protes dari pemilik kios, TPPD tetap konsisten melakukan pembongkaran terhadap 4 bangunan liar yang ada. Akhirnya dalam waktu sekitar satu jam, bangunan tersebut selesai dibongkar.

Kepada wartawan, Ketua TPPD Arfin Sinaga mengatakan 3 bangunan kios sudah berdiri di Simpang Rambung Merah selama 10 tahun. Sedangkan satu bangunan kios baru berdiri sekitar setahun lalu.

“Mereka ini mendirikan bangunan kios di jalur hijau,” ujarnya.

Arfin menerangkan, TPPD telah menyurati  para pemilik kios sebanyak tiga kali, agar membongkar sendiri bangunannya. Namun, para pemilik kios mengabaikan surat teguran TPPD.

“Bila surat teguran ketiga diabaikan, sudah menjadi konsekuensi TPPD turun langsung membongkar,” terang Arifin.

Menurutnya, pembongkaran bangunan liar ini adalah program pemerintah kota dalam melakukan penataan kota. Karenanya Arifin mengingatkan agar masyarakat tidak membangun kembali di lokasi tersebut, serta hal itu akan dikoordinasikan dengan SKPD terkait.

“Kita akan upayakan  berkoordinasi dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk melakukan penanaman pohon di sini. Tujuannya, mencegah masyarakat untuk membangun kembali di tempat  ini,” tegas Arifin. (EM)

News Feed