oleh

Pemko Medan Segera Bongkar Sisa Papan Reklame Ilegal

Medan, BatakToday

Tak ingin dinilai hanya sebagai ‘gertak sambal’, Pemko Medan menyatakan tetap akan melanjutkan penertiban papan reklame tersisa, dari 91 yang telah teridentifikasi dan dinyatakan menyalahi aturan. Sebelumnya, 24 papan reklame telah berhasil dieksekusi.

Tim penindakan kini melakukan evaluasi terhadap pembongkaran yang telah dilakukan selama tiga malam berturut-turut.

“Setelah selesai melakukan evaluasi, kita akan melanjutkan kembali penertiban sehingga 13 ruas jalan bebas reklame bersih dari papan reklame. Kemungkinan dalam waktu dekat ini, kita melakukan penertiban kembali,” kata Pj Wali Kota Randiman Tarigan kepada wartawan di Balai Kota Medan, Rabu (25/11).

Bahkan, Randiman memastikan sesuai kondisi di lapangan, penertiban tidak hanya terfokus di 13 ruas jalan yang dilarang mendirikan reklame, melainkan akan diteruskan dengan penertiban papan reklame yang lain jika ditemukan berdiri tanpa izin. Artinya, begitu mengetahui papan reklame tidak memiliki izin maupun pendiriannya melanggar peraturan, langsung dibongkar.

Selama ini, terang Randiman, Kota Medan kerap diidentikkan dengan ‘hutan reklame’, namun kontribusi yang diterima daerah tidak sebanding. Maka perlu menata kembali papan reklame di Kota Medan. Diakuinya, selain tidak berkontribusi signifikan, papan reklame saat ini sangat semrawut sehingga mengganggu estetika Kota Medan.

Randiman menegaskan, penundaan ini bukan karena adanya intervensi maupun tekanan dari pihak manapun yang merasa terganggu atas penertiban papan reklame tersebut.

“Sebelum penertiban kita lakukan sosialisasi, pemilik papan reklame kita beri waktu 3 hari untuk membongkar sendiri papan reklamenya yang bermasalah. Jika tidak, papan reklamenya langsung kita bongkar!” tegasnya.

Selain penertiban papan reklame bermasalah, Randiman mengungkapkan upaya untuk mengurangi banjir maupun genangan air kini menjadi prioritas utamanya.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggelar gotong-royong setiap Sabtu maupun Minggu. Selain melibatkan SKPD terkait, juga didukung aparat TNI dan Polri serta organisasi kepemudaan. (AFR)

Foto: Suasana pembongkaran papan reklame bermasalah oleh petugas dari Pemko Medan. (bataktoday/afr)

News Feed