oleh

Percepat Pembangunan Infrastruktur, 3.263 Paket Pekerjaan 2017 Dilelang Dini

Jakarta, BatakToday –

Dalam upaya percepatan pembangunan infrastruktur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan lelang dini 3.263 paket pekerjaan tahun anggaran (TA) 2017. Kontrak atas keseluruhan paket senilai Rp 20,9 triliun tersebut diharapkan dapat segera ditandatangani.

“Untuk lelang dini 2017 yang sudah dilelang sebanyak 3.263 paket senilai Rp 20,9 triliun, dan dari angka tersebut bisa ditandatangani kontraknya di Januari 2017 sebesar Rp 9,9 triliun. Sehingga kalau ditambahkan dengan multi years contract sebesar Rp 18 triliun, maka bisa kita ikat kontraknya sebesar Rp 27 triliun di Januari 2017,” tutur Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Sementara untuk progres pekerjaan 2016, Basuki menyebutkan bahwa per 5 Desember 2016 progres keuangannya sudah mencapai 73,69 persen dan progres fisiknya mencapai 76,6 persen. Menteri Basuki berharap pada akhir tahun 2016 penyerapan dapat melebihi 90 persen.

“Karena itu ada penagihan-penagihan yang belum masuk ke laporan jadi hanya tinggal penyelesaian pekerjaan, tagihannya dan penyelesaiannya (pembayaran-red) saja,” kata Basuki.

Sementara itu, mengenai target dimulainya pembangunan delapan bendungan di 2016 yang saat ini menyisakan dua bendungan lagi yaitu Bendungan Napunggete di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bendungan Sukamahi di Jawa Barat, Menteri Basuki menjelaskan bahwa kontrak untuk kedua bendungan tersebut dalam waktu dekat akan ditandatangani.

“Bendungan Napunggete dan Sukamahi juga akan segera di tandatangani, untuk Napunggete pada 12 atau 13 Desember akan di groundbreaking oleh Presiden bersamaan dengan peresmian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di NTT,” tutur Menteri Basuki.

Menteri Basuki menambahkan, sejauh ini pihaknya sudah menandatangani kontrak enam bendungan yaitu, Bendungan Kuwil Kawangkoan di Sulawesi Utara, Bendungan Way Sekampung di Lampung, dan Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara, Bendungan Kering (Dry Dam) Ciawi, Bendungan Cipanas, dan Bendungan Leuwikeris, ketiga bendungan yang disebutkan terakhir berlokasi di Jawa Barat. (marc/nrm)

News Feed